Terbukti Cegah Berbagai Penyakit, Ini Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Abdul Khoir

Berbagai manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun kelor di antaranya seperti protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B2, kalium, zat besi, magnesium dan masih banyak lagi.

Tanaman kelor atau Moringa Oleifera merupakan tanaman obat asal India. Tanaman ini berkembang di daerah tropis dan subtropis, seperti Asia, Amerika Latin, dan Afrika. 

Selain itu, daun kelor ini kaya akan nutrisi dan senyawa yang dibutuhkan tubuh, seperti antioksidan, protein, magnesium, agen anti-inflamasi, dan sumber fitonutrien penting lainnya.

Apa saja manfaat yang didapatkan apabila mengonsumsi daun Kelor? Simak ulasanya berikut ini;

1. Mengurangi gejala diabetes

Daun kelor terbukti efektif dalam mengurangi kadar lipid dan glukosa, mengatur stres oksidatif, serta asam klorogenik yang dapat mengurangi kadar gula darah setelah makan. Anda bisa mengonsumsi 2 gram daun kelor dalam bentuk serbuk atau setara satu sendok teh secara rutin, lho. 

2. Menyehatkan jantung

Daun kelor dalam bentuk serbuk dapat mengontrol lipid darah, mencegah pembentukan plak di arteri dan menurunkan kadar kolestrol. Hal tersebut tentu akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

3. Menurunkan berat badan

Daun kelor juga dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Diketahui bahwa daun kelor ini bisa mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak.

Daun kelor kini bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen yang dikombinasikan dengan bahan lainnya untuk mendapat khasiatnya.

4. Mencegah kanker

Manfaat daun kelor juga dapat membunuh sel yang telah mati dalam tubuh dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Hal tersebut karena adanya kandungan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Bunda bisa mengonsumsinya dengan memetik tiga tangkai daun kelor, dicuci bersih lalu ditiriskan. Panaskan air sampai mendidih, masukan daun kelor, lalu tambahkan potongan jagung muda, daun salam, sedikit garam, dan gula. 

Selain itu, daun kelor juga dapat diolah menjadi sayur yang bisa dikonsumsi selagi masih hangat. Efek antioksidan kelor masih kuat apabila dikonsumsi saat masih hangat.

5. Mengurangi peradangan

Kandungan di dalam daun kelor bermanfaat untuk mengurangi peradangan, dimana kandungan daun kelor akan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh, serta menurunkan peradangan dalam sel. 

6. Menurunkan kolestrol

Melansir Healthline, daun kelor memiliki efek penurun kolestrol serupa makanan nabati lainnya, seperti gandum dan biji rami. 

7. Menurunkan kadar asam urat

Manfaat rebusan daun kelor disebut bisa menurunkan kadar asam urat. Hal ini dikarenakan daun kelor mengandung flavonoid, tanin, dan alkaloid.

8. Mencegah penuaan dini

Vitamin A pada daun kelor tak hanya baik untuk mata, namun juga bisa memperlambat munculnya efek-efek penuaan pada wajah.

9. Melindungi Hati

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh sangat efektif untuk melindungi hati. Oleh sebab itu, daun kelor sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Dalam penelitian pada hewan, senyawa pelindung tingkat tinggi daun kelor yang disebut polifenol membantu melindungi hati dan meningkatkan pemulihan jaringan yang rusak. Dilansir BBC Good Food, uji coba pada manusia yang sangat baru menunjukkan kemungkinan peran kelor sebagai obat anti kanker untuk kanker hati.

10. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang tak boleh terlewatkan yakni dapat meningkatkan fungsi kognitif. Sifat antioksidan yang kaya dari kelor dapat mendukung fungsi kognitif dan berguna dalam memerangi penurunan kognitif, serta kondisi seperti demensia dan Alzheimer.  Selain itu, tampaknya daun kelor mungkin berguna dalam mendukung keseimbangan suasana hati, memori, dan neurotransmitter. Demikian beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan yang menarik diketahui

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru