Asam Lambung Seringkali Mengganggu? Ini Buah yang Aman Dikonsumsi

Abdul Khoir

Penderita asam lambung harus selektif dalam mengonsumsi makanan atau minuman, bahkan termasuk buah-buahan.. Asam lambung tinggi bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. 

Produksi asam di lambung bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi. Konsumsi buah-buahan sitrus, seperti jeruk dan lemon, dapat memicu peningkatan produksi asam di lambung, sehingga tidak disarankan bagi penderita penyakit asam lambung (GERD).

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masih terdapat sederet buah untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi. Berikut ini ada beberapa rekomendasi buah yang aman bagi penderita asam lambung.

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah rendah asam sehingga sangat aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Pisang mampu melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya asam lambung. Buah berwarna kuning ini juga diyakini dapat membantu dalam penetralan asam lambung hingga meringankan gejala maag.

Selain mengandung serat, pisang juga kaya akan kalium, elektrolit, dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan jantung dan tulang Anda. 

2. Kelapa

Air pada buah kelapa dikenal memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya mengandung mineral kalium dan berbagai senyawa yang membantu kelancaran sistem pencernaan. Sehingga, buah ini cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering mengalami gejala GERD.

Selain itu, air kelapa juga dapat menjaga suhu tubuh tetap normal serta menghambat peradangan pada lambung. Anda dapat mengonsumsi kelapa secara rutin untuk merasakan manfaatnya secara maksimal.

3. Semangka

Buah yang mengandung banyak air ini memiliki pH yang cukup tinggi, yakni sekitar 5,2–6,7, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung. Tak hanya itu, semangka juga merupakan sumber likopen, yaitu senyawa antioksidan yang berperan dalam mencegah kerusakan sel tubuh.

4. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang dapat diolah menjadi berbagai varian makanan atau minuman seperti jus, campuran es buah, atau sebagai isian roti lapis. Beruntungnya, alpukat tergolong dalam buah rendah asam sehingga aman dikonsumsi oleh penderita GERD dan maag. 

5. Melon

Melon juga merupakan buah untuk penderita asam lambung yang sangat direkomendasikan. Bukan tanpa alasan, buah melon memiliki kandungan mineral magnesium yang membuatnya bersifat basa. Sehingga, Anda tak perlu khawatir atau takut asam lambung akan naik setelah makan buah satu ini. Selain itu, rupanya melon juga mengandung kalium yang baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung serta antioksidan yang membantu dalam pencegahan peradangan.

6. Pepaya

Bagi Anda yang sedang bertarung dengan gejala asam lambung, mengonsumsi pepaya bisa menjadi solusinya. Pepaya adalah salah satu buah rekomendasi untuk asam lambung yang dapat Anda coba. Pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat dalam melancarkan proses pencernaan sekaligus mempermudah penguraian protein, sehingga protein lebih mudah dipecah menjadi asam amino.

7. Apel

Buah untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah apel. Hal ini dikarenakan apel merupakan buah yang kaya akan serat sekaligus menjadi sumber kalsium, kalium dan magnesium.

Zat-zat tersebut rupanya cukup berperan dalam meredakan gejala asam lambung yang sedang Anda rasakan, seperti sakit maag. Meski begitu, Anda disarankan memilih jenis apel yang manis, karena apel berwarna hijau biasanya memiliki rasa cenderung asam dan sebaiknya dihindari.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru