Peduli Limbah Tekstil, Desainer Muda Isabella Indrasasana Hadirkan Busana Fashion Ramah Lingkungan

Abdul Khoir

Mengusung konsep pakaian ramah lingkungan, desainer muda berbakat Isabella Indrasasana namanya semakin populer di dunia fashion tanah air.

Isabella Indrasasana baru-baru ini membagikan cerita awal mula, ia bisa terjun ke dunia fashion. Ternyata, dia sudah punya hobi bikin pakaian sejak kecil.

"Dari kecil hobi saya membuat baju-baju dari kain apapun di rumah. Karena orang tua saya bergerak di bidang tekstil. Jadi, rumah saya selalu penuh dengan berbagai macam bahan-bahan. Dari yang jaring-jaring sampai yang berbulu," sambungnya lagi," kata Isabella Indrasasana seperti dilansir kapanlagi pada Kamis (13/4/2023).

Isabella tidak menyangka karya-karya rancangannya diminati publik. Padahal, awalnya dia hanya suka berkreatifitas dengan bahan yang tersedia di hadapannya

"Dari situlah karier saya sebagai influencer dan desainer bermula. Karena saya ingin mengembangkan fashion ini lebih luas, agar bisa menjangkau remaja-remaja di Indonesia,"ujarnya dkutip liputan6.com pada Kamis (13/4/2023).

Isabella menyebut, konsep keberlanjutan yang diusung setiap orang bisa berbeda satu dengan lainnya. Terlebih gaya hidup berkelanjutan pada umumnya bergantung terhadap individualisme di mana individualisme merupakan kebalikan dari konsumerisme.

Ia mengatakan sustainable fashion adalah sebuah bentuk untuk setiap orang dalam berekspresi atas kepedulian mereka terhadap keberlanjutan.

"Karena itu, orang bisa memilih untuk membeli berbagai produk ramah lingkungan yang sesuai dengan selera dan memilih apakah produk tersebut ingin didaur ulang, dimodifikasi atau hanya menjadi bagian dari koleksi produk faktor ramah lingkungan,"katanya seperti dikutip fimela.com Rabu (12/4/2023).

Label dalam negeri yang telah menjadi pelopor busana ramah lingkungan di antaranya YSA Studios dan Drip Experiments. Keduanya dianggap mampu memutarbalikkan tantangan stereotip yang acapkali dihadapi label mode ramah lingkungan. Selain itu, dua label tersebut juga telah menginspirasi label mode ramah lingkungan lainnya untuk terus maju dan berkembang. 

YSA Studios yang didirikan oleh Isabella Indrasasana adalah label busana athleisure (atletik kasual) ramah lingkungan yang berbasis di Jakarta. Memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan desain yang trendi, YSA Studios menyediakan solusi fungsional untuk setiap kebutuhan mode. 

Seperti diketahui, Isabella adalah seorang desainer dan entrepreneur, ia juga kuliah jurusan Fashion Marketing and Merchandising di sebuah kampus swasta di Jakarta. Selain mempelajari dampak buruk limbah garmen terhadap lingkungan dalam industri fashion, sebagai anak muda, Isabella juga melihat dampak limbah pakaian terhadap masyarakat yang tinggal di dekat pabrik-pabrik pakaian dan tekstil.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru