Imigrasi Catat Peningkatan Tajam Jumlah Kedatangan Internasional ke Batam

Abdul Khoir

Ramai penduduk telah meninggalkan Kota Batam, Kepulauan Riau, untuk bepergian mudik lebaran 2023. Namun, jumlah orang yang masuk atau datang ke Batam juga mengalami kenaikan.

Pengunjung yang ramai masuk ke Batam merupakan Warga Negara Asing (WNA). Mereka datang bertujuan untuk sekedar berlibur pada cuti idulfitri tahun ini.

Petugas di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Batam, mencatat ada sebanyak 2.545 jiwa sejak tiga hari terakhir hingga 18 April ini.

"Rata-rata WNA itu datang dari Singapura dan Malaysia. Sementara, WNI (Warga Negara Indonesia) yang datang ke Batam sampai sejauh ini ada 5.955 orang. Mereka didominasi datang dari Malaysia," ujar Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Kanim Batam, Ritus Ramadhana seperti dikutip Batamnews, Kamis (20/4/2023).

Jumlah kedatangan jalur Internasional itu kemungkinan akan terus meningkat. Diperkirakan akan membludak hingga H+4 lebaran.

"Dalam tiga hari terakhir ini, tercatat perlintasan kedatangan internasional sejumlah sekitar 8.500 orang," kata dia.

Dalam mengantisipasi jumlah kedatangan yang bakal meningkat itu, petugas dari Kanim Batam telah melakukan beberapa persiapan. Diantaranya, pengecekan kesisteman hingga pelayanan yang bakal ditingkatkan.

"Kesiapan sarana dan prasarana dalam menunjang pemeriksaan keimigrasian juga kami lakukan, serta siap memberikan pelayanan prima dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai penjaga pintu gerbang negara," pungkas Ritus.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru