Puncak Mudik, 3.554 Penumpang KM Kelud Tiba di Pelabuhan Belawan

Abdul Khoir

Sebanyak 3.554 penumpang kapal KM Kelud tiba di Pelabuhan Belawan, Medan. Para penumpang itu kebanyakan datang dari Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

"Puncak arus mudik sudah mulai hari ini. Penumpang yang turun sore ini pukul 16.30 WIB saja ada 3.554 orang," kata Kepala Cabang Pelni Medan, Biwa Abi Laksana seperti dikutip detikcom, Kamis (30/4/2023).

Biwa mengatakan jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding hari biasanya. "Kalau dibanding hari biasa ini naik mencapai 40-63 persen," sambungnya.

Biwa juga menyampaikan jika dibandingkan dengan puncak arus mudik tahun sebelumnya, penumpang tahun ini lebih tinggi sekitar 15 persen. Sebab, tahun lalu masih dibatasi dengan aturan COVID-19.

"Untuk tahun lalu memang jumlah penumpang dibatasi dengan aturan COVID-19. Tahun ini, kami mengangkut penumpang secara optimal sesuai dengan kapasitas kapal," sebutnya.

"Untuk penumpang yang paling banyak ini Batam-Medan. Nah, untuk arus balik juga nanti diprediksi penumpang Medan-Batam ramai," sebutnya.

Diketahui, arus mudik ini sudah mulai terasa mulai Kamis (13/4/2023). Saat itu, kapal KM Kelud bahkan sempat mengalami keterlambatan tiba di Pelabuhan Belawan.

Hal itu disebabkan oleh mulai meningkatnya penumpang sehingga membutuhkan waktu untuk proses embarkasi di pelabuhan awal.

Kepala Operasi PT Pelni Cabang Medan, Martin Panjaitan mengatakan penumpang KM Kelud yang diturunkan pada Kamis lalu ada 1.822 orang yang terdiri dari Tanjung Priok, Batam, serta Tanjung Balai.

"Terkait perubahan jadwal, mohon maaf, karena ini arus mudik sehingga proses embarkasi di pelabuhan awal itu sedikit agak lama. Hal itu dipengaruhi peningkatan jumlah penumpang," sebutnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru