Manfaat Konsumsi Buah Kelengkeng Bagi Tubuh

Abdul Khoir

Manfaat buah kelengkeng termasuk penting untuk diketahui. Selain rasanya manis, buah ini terbukti klinis memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Beragam nutrisi dalam buah kelengkeng mampu memperkuat sistem imunitas tubuh dan menghindari berbagai penyakit.

Buah kelengkeng ini sangat kaya dengan berbagai vitamin, seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3. Selain itu, buah ini juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, serat, zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, seng, tembaga, mangan, dan lainnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Ingatan

Salah satu manfaat buah kelengkeng yang masih jarang diketahui adalah mampu meningkatkan ingatan atau memori. Hal tersebut dikarenakan buah kelengkeng bersifaat nootropik yang mampu meningkatkan fungsi kognitif.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah kelengkeng secara rutin mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit alzheimer.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah kelengkeng mengandung banyak vitamin C yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah lengkeng mampu mengurangi kerusakan oksidatif dalam kulit. Sehingga dengan mengkonsumsi buah kelengkeng mampu membuat kulit lembap dan tampak lebih cerah

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi Anda yang mengidap insomnia sebaiknya patut mencoba mengkonsumsi buah kelengkeng. Pasalnya, buah kelengkeng mampu menurunkan kecemasan dan sering digunakan obat alami untuk meningkatkan kualitas tidur.

4. Menjaga kesehatan Jantung

Buah kelengkeng mengandung magnesium dan potasium yang baik untuk menjaga fungsi normal jantung. Mengutip jurnal The Importance of Potassium oleh Harvard Health Publishing, kandungannya ini dapat membantu merelaksasi otot dan saraf yang terhubung dengan organ jantung yang mempengaruhi tekanan darah.

Selain itu, buah kelengkeng juga kaya dengan vitamin C yang memiliki manfaat sebagai antioksidan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa vitamin C bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam kelengkeng juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kedua nutrisi tersebut berperan dalam membantu meredakan peradangan dan meningkatkan efektivitas sel darah putih.

Sel darah putih yang bekerja dengan baik dapat membantu tubuh melawan kuman penyebab infeksi. Dengan begitu, tubuh tetap terlindungi dan tidak mudah terkena penyakit.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru