Selama Bulan Ramadan 1444 Hijriah, Pengumpulan Zakat dan Infak di Batam Capai Rp 37 Miliar

Abdul Khoir

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) se-Kota Batam mengumpulkan dana zakat, infak dan sedekah yang mencapai Rp 37 miliar. Penerimaan tersebut dicatat oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam , Kepulauan Riau.

Penerimaan terbesar dalam pengumpulan dana zakat, infaq, dan sedekah di Batam  berasal dari zakat maal yang mencapai Rp18 miliar. Kemudian infaq dan sedekah yang mencapai Rp4 miliar, infaq Ramadhan Rp1 miliar, serta zakat profesi, fidyah, kafarat, dan lainnya.

Kepala Kantor Kemenag Batam, Zulkarnain Umar mengatakan bahwa dari penerimaan zakat, infaq, dan sedekah tersebut, pihaknya telah mendistribusikan kepada yang berhak menerimanya hingga Rp27 miliar.

"Selebihnya untuk persiapan selanjutnya, karena para dhuafa ini butuh keseharian hidup mereka dengan baik dan kita arahkan bagaimana pemberdayaan ekonomi umat bisa berjalan," ujarnya seperti dikutip kepripost.com pada Senin (24/4/2023).

Tahun ini, Batam melaksanakan salat Id di 831 titik yang terdiri dari 713 masjid, 97 musala, dan 21 lapangan. Jumlah titik salat Id ini meningkat 58 persen atau bertambah 306 titik dari tahun lalu sebanyak 525 lokasi.

Menurut Zulkarnain, 831 titik salat Idul Fitri 2023 tersebut tersebar di berbagai wilayah. Sementara untuk pelaksanaan sholat Idulfitri dipusatkan di tiga tempat, yakni Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Masjid Baiturahman Sekupang.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru