6 Ragam Kuliner Khas Batam Dijamin Ketagihan

Abdul Khoir

Kota Batam memiliki daya pikatnya tersendiri bagi para wisatawan. Di samping menyimpan pesona alamnya yang memukau, Batam juga memiliki beragam jajanan kuliner yang memanjakan lidah Anda.

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Kota Batam, ada beberapa makanan khas yang sayang jika tidak dicicipi. Berikut ini rangkumannya.

1. Kue Batang Buruk

Jangan lewatkan kue batang buruk jika kamu berkunjung ke Batam. Meskipun namanya kurang enak didengar, kue ini akan meleleh di mulutmu begitu kamu mencicipinya. Meski kue ini termasuk kue tradisional zaman dulu, kebersihannya tetap dijamin karena dibuat dengan proses yang higienis. Kue ini juga menjadi kue wajib di perayaan Idulfitri.

2. Bingka Bakar

Kue tradisional lain yang terkenal di Batam adalah bingka bakar. Kue ini sangat populer sehingga banyak toko yang menjualnya sebagai oleh-oleh. Kue ini dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, telur, santan, dan gula. Tersedia juga varian rasa seperti cokelat, wijen, dan buah-buahan.

3. Mie Lendir

Mie Lendir merupakan makanan khas Melayu yang banyak ditemui di Kepulauan Riau termasuk Batam.

Mie Lendir berisi Mie Kuning yang direbus bersama dengan tauge lalu disajikan dengan kuah kacang kental dicampur dengan rempah. Kuah kacang inilah yang memberi kesan mie berlendir.

4. Mie Tarempa

Kuliner ini menyebar ke berbagai daerah yang juga menjadi incaran di Batam. Sekilas, mie Tarempa menyerupai kwetiau dan teksturnya mirip seperti mie telur. Ciri khas dari mie ini adalah suwiran ikan tongkol yang memberi rasa gurih dan lezat.

Wisata kuliner Batam ini biasanya tersedia dengan pilihan mie goreng kering, lembab atau basah. Ada banyak restoran yang menawarkan Mie Tarempa seperti Mie Tarempa Sungai Panas di daerah Kompleks Ruko Graha Mas. Ada pula RM Mie Tarempa di kawasan Batam Centre.

5. Kue Lapis

Kue lapis Batam terbuat dari tepung terigu, telur, santan, dan gula yang diwarnai dengan pewarna alami dan disusun menjadi lapisan. Kue ini memiliki tampilan yang menarik dan rasa yang manis, sehingga cocok sebagai oleh-oleh atau sebagai camilan.

6. Kek Pisang Vila

Kue ini cocok untuk mereka yang suka makanan manis. Namanya Kek pisang villa. Kue khas Batam ini selalu menjadi buruan para wisatawan ketika mereka datang berkunjung ke Batam.

Kek Pisang Villa, sesuai namanya, memang berbahan dasar pisang. Sementara nama "villa" merupakan nama daerah yang menjadi lokasi pertama kue ini dijual. Kue ini sudah dijual semenjak tahun 2006.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru