Lebaran Usai, Warga Masih Banyak Mudik Tinggalkan Batam

Abdul Khoir

Arus balik mudik lebaran Idul 1444 Hijriah mulai terlihat di pelabuhan Batuampar Batam, Selasa (25/4/2023). Sejumlah orang tinggalkan kota Batam menggunakan KM Kelud tujuan ke Tanjungpriok Jakarta.

Adapun total penumpang yang berangkat yakni sebanyak 1.132 orang. Jumlah ini cukup tinggi, jika dibandingkan dengan pelayaran normal sebelumnya, karena hari ini KM. Kelud pertama kali melayani penumpang dari Batam ke Jakarta setelah port stay di Medan karena hari raya Idulfitri.

Seperti yang diketahui bahwa, KM. Kelud sebelumnya hanya melayani dua rute yakni Batam ke Belawan ataupun sebaliknya, selama sepekan.

Hal ini merupakan kebijakan dari PT. Pelni Pusat karena berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, ketika mudik penumpang yang paling banyak adalah Batam ke Belawan Sumatera Utara.

Selain penumpang yang hendak keluar dari Batam, sebanyak 1.507 juga turun di pelabuhan Batuampar Batam. Mereka datang dari Belawan Sumatera Utara.

Berdasarkan pantauan Tribun Batam.id di lapangan calon penumpang tersebut sejak pagi hari sudah memadati area pelabuhan Batuampar Batam.

Mereka datang ke lokasi ini, secara berkelompok. Dan langsung duduk di sejumlah tenda dan kursi yang sudah di siapkan petugas Pelni dan BP Batam.

Kepala Pelni Cabang Batam T. Muhammad Iqbal mengatakan pihaknya sudah siap menanti lonjakan arus baik.

"Kami sudah sangat siap menanti lonjakan arus balik penumpang baik dari Jakarta atau Medan tujuan Batam," kata Iqbal seperti dikutip dari Tribunnews, Rabu (26/4).

Dijelaskannya, penerapan secara ketat akan dilakukan sama seperti arus mudik beberapa waktu lalu, yang mana semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

Penumpang mohon kerjasamanya. Ikuti arahan dan perintah dari petugas gabungan TNI -Polri dan sejumlah instansi lain, dan petugas Pelni Cabang Batam.

"Apabila ini sudah diikuti maka dipastikan semuanya akan berjalan dengan lancar," katanya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru