Ekonomi Batam Positif Tumbuh Dilihat Dari Kenaikan Jumlah Penumpang Angkutan Udara

Abdul Khoir

Sepanjang tahun 2022, BPS Kota Batam melaporkan jumlah penumpang angkutan udara yang datang dan berangkat melalui Bandara Internasional Hang Nadim sebanyak 3,46 juta orang, meningkat dibanding 2023 yang tercatat 2,07 juta orang.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi, mengatakan pergerakan penumpang angkutan udara itu merupakan sinyal positif bagi pertumbuhan ekonomi Kota Batam ke depan.

"Ini sinyal positif. Total penumpang cukup tinggi dan menunjukkan adanya pemulihan pasca pandemi COVID-19. Semoga pergerakan ini ikut berdampak bagi ekonomi Batam," kata Kepala BP Batam Muhammad Rudi seperti dikutip dari Antara, Rabu (26/4).

Ia berharap, peningkatan pergerakan penumpang angkutan udara dapat memberi dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Batam.

"Kita tak boleh jadi penonton saja. Masyarakat harus mempersiapkan diri untuk ikut andil dalam kemajuan bersama," kata dia.

"BP Batam sedang mempercepat pembangunan Kota Batam. Kita siapkan kota ini agar wisatawan bisa terus berdatangan. Mari dukung pembangunan agar terwujud Batam yang madani dan modern untuk kita semua," kata dia melanjutkan.

Berdasarkan catatan BPS Kota Batam, total penumpang angkutan udara tahun 2023 mengalami peningkatan sebanyak 66,88 persen dibanding tahun sebelumnya.

Masih dalam catatan BPS, penumpang terbanyak datang dari penerbangan domestik. Di sisi lain, penerbangan internasional yang sempat turun drastis selama pandemi COVID-19 juga menunjukkan tren positif dengan tingkat pemulihan sekitar 49 persen.

Berdasarkan data penumpang bulan Februari 2023, jumlah yang datang ke Kota Batam sebanyak 138.611 orang, meningkat 39,37 persen jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2022 dengan total penumpang sebanyak 99.457 orang. 

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru