WOW! Kini Satu Akun Whatsapp Bisa Dipakai 4 Handphone

Abdul Khoir

Mulai hari ini, Selasa (25/4/2023) satu nomor akun Whatsapp bisa digunakan di empat telepon seluler (ponsel) sekaligus.

Selama ini, satu akun Whatsapp hanya bisa digunakan di satu ponsel dan beberapa perangkat desktop dan laptop. 

Melalui peluncuran fitur baru ini, pesan pengguna akan disinkronkan di seluruh perangkat termasuk ke sejumlah ponsel lain. Alhasil, kendati satu ponsel dimatikan, pengguna Whatsapp dapat mengakses aplikasi tersebut di ponsel maupun perangkat lain.

Sebagai catatan, Whatsapp adalah salah satu layanan perpesanan terbesar di dunia. Kini, aplikasi di bawah Grup Meta (nama baru Facebook) mengklaim bahwa Whatsapp digunakan oleh lebih dari 2 miliar pengguna. 

Mulai tahun 2022, Whatsapp menyediakan fitur penggunaan satu akun untuk multi-perangkat untuk semua orang. Tapi fitur ini belum memungkinkan satu akun bisa digunakan di banyak ponsel, hingga Zuckerberg mengumumkannya pada 25 April 2023 ini.

Pesaing Whatsapp, seperti Telegram dan Messenger, sebenarnya sudah menawarkan layanan sinkronisasi multi-perangkat untuk pesan. Namun mereka tidak memiliki dukungan untuk enkripsi end-to-end.

Whatsapp juga meluncurkan cara baru untuk menautkan perangkat menggunakan kode satu kali.

“Kini Anda bisa mendapatkan kode sekali pakai dengan memasukkan nomor ponsel Anda di Whatsapp Web, yang dapat Anda gunakan untuk menautkan perangkat, alih-alih memindai kode QR di ponsel Anda. Kami akan membuat fitur ini tersedia untuk lebih banyak perangkat yang ditautkan akun Anda di masa mendatang,” tulis perusahaan itu dalam posting blog seperti dikutip oleh techcrunch.com.

Cara Menggunakan Satu Akun WhatsApp di 4 HP

1. Unduh WhatsApp di ponsel pendamping Android yang ingin kamu tautkan. Buka WhatsApp dan ketuk Setuju dan Lanjutkan

2. Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas

3. Tekan opsi Tautkan ke akun yang ada

4. Kamu akan melihat kode QR yang akan dipindai oleh HP utama

5. Buka WhatsApp di ponsel utama Anda.

- Android: Ketuk Opsi lainnya> Perangkat Tertaut > Tautkan perangkat .
- iPhone: Buka Pengaturan WhatsApp > Perangkat Tertaut > Tautkan Perangkat .
6. Buka kunci HP utama. Jika HP utama kamu memiliki autentikasi biometrik, ikuti petunjuk di layar. Kalau tidak mengaktifkan autentikasi biometrik, kamu akan diminta memasukkan pin yang digunakan untuk membuka kunci HP.

7. Pindai kode QR HP dengan HP utama Anda.

Sedikit catatan, fitur Live Location dan Status tidak didukung di HP pendamping. Selain itu HP pendamping akan dikeluarkan jika kamu tidak menggunakan perangkat utama selama lebih dari 14 hari.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru