6 Manfaat Konsumsi Buah Pisang Bagi Kesehatan

Abdul Khoir

Buah pisang telah teruji klinis oleh pakar kesehatan. Banyak manfaat yang didapatkan bagi tubuh apabila rutin mengonsumsi buah Pisang.

Banyaknya manfaat buah pisang untuk kesehatan seringkali dimanfaatkan bagi para atlet karena mampu menjaga stamina saat melakukan aktivitas.

Dilansir dari buku Pisang: Budidaya, Pengolahan, dan Prospek Pasar oleh Suyanti dan Ahmad Supriyadi, buah pisang memiliki kandungan gizi yang baik dengan persediaan energi yang cukup tinggi dibanding dengan buah-buahan lainnya.

Buah pisang kaya akan kandungan mineral seperti kalium, magnesium, besi, fosfor, dan kalsium, mengandung vitamin B, B6, dan C.

Tak hanya itu, buah pisang juga mengandung nilai energi yang tinggi yaitu 136 kalori per 100g.

Sehingga karbohidrat pada pisang dapat menyuplai energi lebih cepat daripada nasi. Energi instan pada pisang ini dapat menyediakan kalori sesaat dan sebagai cadangan energi yang baik untuk tubuh.

Selain itu, kandungan gula pada pisang lebih rendah dibandingkan dengan glukosa. Buah pisang juga mengandung serotonin yang baik untuk kecerdasan otak.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat mengonsumsi buah Pisang;

1. Meningkatkan kesuburan pria

Tidak cuma stamina dan libido, pisang juga dapat membantu meningkatkan produksi sperma yang sehat. Manfaat itu tentu berasal dari nutrisi lengkap yang terkandung pada pisang seperti vitamin A, vitamin B6, C, potasium dan antioksidan. Kemudian pisang juga mengandung 0,4 mg vitamin B6 yang merupakan rekomendasi nutrisi yang baik untuk jumlah sperma serta tingkat kesuburan pria.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain bermanfaat untuk kesehatan usus, mengkonsumsi buah pisang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, buah pisang memiliki efek yang membantu menurunkan kolesterol tinggi yang merupakan salah satu gejala dan penyebab penyakit jantung. 3. Meredakan Gejala Asam Lambung Manfaat buah pisang untuk kesehatan yang cukup menjadi sorotan adalah dipercaya dapat meredakan gejala asam lambung. Buah pisang mengandung senyawa yang bernama leucocyanidin yang mampu meningkatkan ketebalan selaput lendir lambung.  Sehingga dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin mampu meredakan gejala asam lambung.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah pisang memiliki kandungan vitamin A, C, dan B6 yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

4. Memperlancar Aliran Oksigen ke Otak

Buah pisang dapat menjaga fungsi jantung dan sirkulasi darah karena mengandung potasium dan mineral yang penting bagi tubuh.

5. Mencegah Anemia

Buah pisang mengandung zat besi yang sangat penting bagi tubuh. Karena dapat mendukung pembentukan hemoglobin atau protein yang mengandung zat besi.

6. Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Buah pisang mengandung karbohidrat kompleks yang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis sehingga cocok bagi kalian yang melaksanakan diet.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru