6 Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh

Abdul Khoir

Olahraga lari menjadi kegiatan yang paling banyak diminati setiap orang. Lari pagi yang dilakukan secara rutin akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat lari untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga Kesehatan Mental

Salah satu manfaat lari untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya mampu menjaga kesehatan mental. Pasalnya, dengan lari mampu membuat tubuh penuh dengan energi positif dan menghilangkan stress.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lari juga mampu mengontrol kadar glukosa dalam darah, mengatur tekanan darah hingga kolesterol. Sehingga lari sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang Punggung dan Otot

Lari termasuk dalam olahraga berdampak tinggi (high impact sport) yang diketahui berpengaruh positif terhadap kepadatan mineral tulang dan kesehatan tulang secara menyeluruh, termasuk tulang punggung.

Selain tulang, lari pagi juga bisa membantu mengencangkan otot-otot tubuh. Pasalnya, ketika sedang berlari, seluruh otot tubuh ikut bergerak. Jika dilakukan secara rutin, maka otot akan semakin kencang dan massa otot pun meningkat. Anda dapat mengimbanginya dengan diet sehat agar manfaatnya lebih optimal.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain menjaga kesehatan fisik, ternyata ada juga manfaat lari pagi yang berkaitan dengan peningkatan kualitas tidur. Manfaat ini dapat dirasakan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Dalam penelitian The Journal of Adolescent Health “Daily Morning Running for 3 Weeks Improved Sleep and Psychological Functioning in Healthy Adolescents Compared with Control” tercatat bahwa 51 remaja dengan rata-rata usia 18,3 tahun mengalami peningkatan kualitas tidur dan kondisi psikologis secara keseluruhan setelah rutin berlari selama hari kerja dalam tiga minggu berturut-turut.

5. Menurunkan Berat Badan 

Manfaat lari untuk kesehatan tubuh yang cukup populer lainnya yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, lari merupakan latihan kardio yang cukup menguras kalori dalam tubuh. Sehingga, tak jarang lari dipilih saat menjalankan program diet menurunkan berat badan.

6. Memperbaiki Sistem Pernafasan

Tak berhenti disitu, lari juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki sistem pernafasan Anda. Aktivitas lari yang sesuai mampu meningkatkan sistem pernapasan tubuh dan memungkinkan paru-paru meningkatkan kapasitasnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru