Rekomendasi Kuliner Batam Dari Seafood Sampai Makanan Melayu

diki

Batam memiliki berbagai tempat menarik untuk dikunjungi saat liburan, termasuk untuk wisata kuliner. Berbagai hidangan kuliner batam mulai dari laut, mi, dan bingka yang merupakan sajian kue khas melayu, dapat menggoyang lidah saat berkunjung ke Batam.

Wisata kuliner Batam bisa menjadi alternatif kunjungan saat liburan. Sebagai sebuah kota yang menalami kemajuan begitu pesat di Indonesia, Batam sangat sesuai dijadikan destinasi liburan kamu. Wisata kulinernya dapat membuatmu ketagihan.

Nasi Lemak


Saat berlibur ke Batam, belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi nasi lemak. Nasi lemak ini ditanak dengan gabungan santan, jahe, daun pandan dan sereh, sehingga wewangian yang menguar sangat wangi dan khas, menggugah selera siapa saja yang menciumnya.

Wisata kuliner Batam ini seringkali disajikan dengan bumbu cabai merah yang diubah dengan ekstra ikan atau sotong. Beberapa penjaja ada yang menyajikan nasi lemak dengan ekstra sepotong ayam goreng dan telur.

Rezeki Seafood


Wisata kuliner Batam berikutnya adalah Rezeki Seafood. Tempat ini mungkin salah satu wisata kuliner yang sangat banyak dicari oleh para wisatawan. Hasil olahan laut di Rezeki Seafood terasa sangat segar serta kaya akan rasa.

Apalagi ditambah dengan pemandangan laut yang dapat kamu nikmati di restoran ini. Restoran yang terletak di Kampung Batu Besar, Pantai Batu Besar, Nongsa, Riau ini buka setiap hari dari pukul 09.00 – 21.00.

Mie Lendir


Mie lendir berisi mie kuning yang direbus bersama dengan tauge lalu disajikan setelah dengan kuah kacang kental dicampur dengan rempah. Kuah kacang inilah yang memberi kesan mie berlendir.

Mie Lendir merupakan makanan khas Melayu yang banyak ditemui di Kepulauan Riau termasuk Batam.

Sama seperti sop ikan, wisata kuliner Batam ini dapat dengan mudah ditemui di sepanjang kota Batam. Kamu dapat mengunjungi warung atau restoran yang menyajikan mie lendir di kawasan Nagoya, Melayu Square di Kota Tanjungpinang, dan pusat kuliner lainnya.

Sop Ikan Batam


Sop ikan Batam menjadi salah satu wisata kuliner Batam yang menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung. Sop ikan Batam merupakan sup kuah bening yang memiliki cita rasa yang khas.

Kuahnya yang gurih dan segar bisa meningkatkan selera makan. Apalagi ikannya menggunakan ikan kakap atau tenggiri segar. Ada pula tambahan udang, cumi-cumi, mie, sawi serta bawang goreng.

Sop Ikan Batam hampir dapat ditemui di sepanjang jalan kota Batam. Banyak restoran yang menyajikan menu ini untuk memanjakan lidah para pelancong. Salah satu yang terkenal adalah Sop ikan Yong Kee yang berada di Kompleks Nagoya City Centre dan di Jalan Engku Putri, Batam Centre.

Seafood Sei Enam


Batam terkenal dengan kuliner hasil lautnya. Salah satu restoran seafood yang terkenal adalah Sei Enam Seafood. Restoran yang berada di Jln. Engku Putri, Batam ini menawarkan ragam menu seafood segar dan menggoyang lidah.

Wisata kuliner Bata mini menyediakan kepiting ala Sei Enam yang khas, udang kipas, gonggong (siput laut khas Batam), dan masih banyak lagi. Sei Enam Seafood cocok sebagai tempat makan bersantai bersama keluarga atau teman berlibur. Menu di restoran ini berada pada kisaran harga Rp 100.000-200.000.

Mie Tarempa


Mie Tarempa merupakan kuliner khas daerah Tarempa, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Kuliner ini menyebar ke berbagai daerah yang juga menjadi incaran di Batam.

Sekilas, mie Tarempa menyerupai kwetiau dan teksturnya mirip seperti mie telur. Ciri khas dari mie ini adalah suwiran ikan tongkol yang memberi rasa gurih.

Wisata kuliner Batam ini biasanya tersedia dengan pilihan mie goreng kering, lembab atau basah‎. Ada banyak restoran yang meawarkan Mie Tarempa seperti Mie Tarempa Sungai Panas di daerah Kompleks Ruko Graha Mas. Ada pula RM Mie Tarempa di kawasan Batam Centre.

 

Editor: Fikriani

artikel terbaru