Nelayan di Kepri Temukan 3,11 Kg Kokain di Bibir Pantai Penasan Keci

Abdul Khoir

AlapAlap.com-  Tiga paket narkotika golongan 1 jenis kokain seberat 3,11 kilogran ditemukan warga di bibir pantai Panasan Keci di wilayah Kabupaten Kepulauan Anamabas, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (22/5/2023).

Paket kokain itu pertama kali ditemukan oleh warga bernama Atri (44), warga Pulau Darak RT 004 RW 003 Dusun II Desa Air Biru, Kecamatan Jemaja.

Saat itu, Atri mengaku sedang mencari kuyung, hewas sejenis siput, di sekitar pantai. Lalu, Atri melihat benda mencurigakan itu.  

"Awalnya setelah Atri menemukan benda yang mencurigakan tersebut, masih tetap melanjutkan mencari kuyung tetapi semakin lama semakin gelisah dan takut karena benda tersebut mirip paket narkotika yang sudah ramai dibicarakan oleh warga masyarakat Jemaja," terang Dandim 0318 Natuna melalui Plh Koramil 04 Letung, Serma Fery Antoni Sihombing melalui lansiran Kompas.

Sempat dikubur di hutan Lanjut Fery, Atri lalu memutuskan untuk membawa pulang paket itu dan menceritakan kepada salah satu warga bernama Asuandi.

Namun, keduanya merasa takut akan terlibat kasus pelanggaran hukum. Keduanya lalu mengubur paket temuan itu di atas Gunung Pulau Darak yang jaraknya sekitar 500 Meter dari pemukiman warga.

Lalu pada pukul 08.00 WIB, Selasa (22/5/2023), Asuandi akhirnya melaporkan kepada Kades Air Biru bahwa mereka telah menemukan paket tersebut. 

"Dari laporan itu, warga bersama pak Kades langsung mendatangi Babinsa Koramil 04 Letung dan diterima oleh Serda Nanda Dwi Yugo," ungkap Fery.

Menurut Fery, kokain tersebut terbagi dalam tiga paket yang masing-masing berisikan 1,01 kg, 1 kg, dan 1,1 kg. Saat ditemukan, paket tersebut sebagian tertutup pasir. Saat ini pihaknya telah meneruskan temuan itu ke Polsek Jemaja. 

"Temuan ini kemudian saya teruskan ke polsek Jemaja dan saat ini paket Kokain tersebut diamankan di Polsek Jemaja sambil menunggu sarana transportasi menuju ke Polres Kep. Anambas di Tarempa," jelas Fery.

Terkait kejadian itu, Koramil 04 Letung bersama Personil Polsek Jemaja melakukan pendekatan ke warga sekitar, guna mereduksi Narkotika yang kemungkinan masih ada di Wilayah Jemaja.

"Sosialisasi terus kami lakukan, sehingga warga yang menemukan barang-barang yang mencurigakan, khususnya benda yang diduga narkotika bisa segera dilaporkan ke kami," pungkas Fery.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru