Cuaca Ekstrim Ditambah Ombak Kencang, Kapal Kargo Alami Musibah

Abdul Khoir

AlapAlap.com-  Akibat cuaca ekstrim berupa angin kencang dan ombak tinggi di laut telah menyebabkan kapal kargo berukuran kecil mengalami musibah.

Yakni, kapal kandas dan naik ke atas batu setelah dihantam angin dan ombak pada Rabu (24/5).

”Peristiwa terjadinya kecelakaan di laut dialami KM Cahaya Ilahi GT 6 pada Rabu (24/5) pukul 03.00 WIB. Lokasinya di Perairan Batu Limau, Alai, Kecamatan Ungar,” ujar Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Joko Santosa, Kamis (25/5).

Berdasarkan keterangan dari Mindi selaku nakhoda KM Cahaya Ilahi, lanjut Danlanal, pada Selasa ( 23/5) pukul 02.00 berangkat dari Pelabuhan 3 Desa Sokoy, Kuala Kampar Kabupaten Pelelawan. Saat berangkat kapal tidak ada muatan dan di dalam kapal terdapat 2 orang kru.

”Kapal bisa sangkut atau naik ke atas batu di Perairan Batu Limau disebabkan tujuannya memang ke Tanjungbatu, Kundur. Yakni, untuk mengangkut kelapa dan akan kembali dibawa ke Pelalawan. Namun, sebelum sampai ke pelabuhan tujuan kapal dihantam angin dan ombak. Sehingga, tidak bisa menghindar dan akhirnya naik ke atas batu,” paparnya.

Lokasi atau perairan Batu Limau, tambahnya, memang perairan yang berbatu. Artinya, kapal-kapal yang melalui perairan tersebut harus mengetahui dan benar-benar faham pada saat melalui perairan tersebut.

”KM Cahaya Ilahi akhirnya baru bisa lepas dari batu tersebut setelah menunggu air laut pasang. Untuk bisa lepas juga dibantu kapal lain. Yakni, KM Dika Bila. KM Cahaya Ilahi kemudian dibawa ke Alai, Kecamatan Ungar untuk pengecekan. Setelah tidak ada kebocoran dan kerusakan, siang harinya kapal melanjutkan perjalanan ke Penyalai, Kabupaten Pelalawan,” jelas Danlanal.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru