Dilirik Perancis, Gubernur Kepri Diminta Dukung Investasi Pelabuhan Sei Kolak Kijang

Abdul Khoir

AlapAlap.com-  Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Riau, Wahyu Wahyudin menilai pelabuhan umum Sei Kolak layak untuk dikembangkan kapasitas terminalnya.

Hal itu, berdasarkan hasil survei pada 10 Mei 2023 yang lalu.

Atas hasil itu, Wahyu meminta Gubernur Ansar Ahmad ikut dukung investasi pembangunan pelabuhan umum oleh Prancis di Sei Kolak, Kijang, Kabupaten Bintan itu.

"Apabila dari sisi perairannya lokasi baru di Gunung Kijang sudah tidak konservasi lagi dengan jalur perairannya yang sangat strategis dan kondisi alamiahnya sangat layak," ungkap Ketua Komisi II DPRD Kepri Wahyu Wahyudin, Selasa (30/5/2023).

Untuk mempercepat investasi, hasil survey ia meminta Gubernur Ansar Ahmad menyurati Kemenhub dan memasukkan lokasi pengembangan Pelabuhan Sei Kolak Kijang dalam RTRW Kepri karena telah memenuhi ketentuan teknis baik disisi laut maupun daratnya.

Sebagaimana diketahui, di dalam dokumen teknis RZWP3K prov Kepri telah terbuka alokasi ruang laut seluas lebih kurang 46.000 hektare, yang telah menjadi Open Acces karena sudah bukan merupakan kawasan konservasi lagi sehingga lebih dapat dioptimalkan pengelolaannya untuk kepentingan publik, baik dari sisi pengembangan ekonomi wilayah, sosial budaya maupun pelestarian lingkungan.

Sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk masyarakat Kepri, namun tiga minggu sejak survei belum ada juga rekomendasi dari pak Gubernur.

"Jangan sampai investor kabur karena proses perizinan yang lama,dan berbelit," ucapnya.

Wahyu sebelum menyatakan minat berinvestasi di Bintan, Eiffage Genie Civil Marine (perusahaan asal Prancis) siap memboyong operator pelabuhan dari Abu Dhabi. 

Selain itu, lokasi pelabuhan juga sudah terbuka dan tidak perlu merusak kawasan konservasi dan merupakan potensi yang harus dikembangkan.
Investasi pelabuhan ini pun akan merekrut tenaga kerja lokal dan menghidupkan perekonomian rakyat. 

Ia berharap Gubernur Ansar Ahmad segera menyetujui investasi pembangunan pelabuhan umum di Sei Kolak Kijang. 

"Semoga segera diterbitkan rekomendasi, kalau bisa kita percepat kenapa harus diperlama. Investor harus kita yakinkan, salah satunya ya dengan perizinan yang cepat," ungkapnya.

Sebelumnya, Energies and Industries Commercial Direktor Eiffage Genie Civil Marine, Guillaume Roche berharap agar perizinan dapat rampung dalam waktu enam bulan. 

Perizinan yang cepat akan mempercepat proses pembangunan, sehingga pelabuhan dapat segera beroperasi.  Target pertama adalah perizinan yang ditargetkan rampung dalam setahun, kalau bisa 6 bulan lebih baik.

Roche menerangkan, pelabuhan seluas 37 hektar itu cukup potensial menarik minat eksportir untuk beralih dari Singapura. 

Pembangunan pelabuhan nantinya akan tetap mengikuti standar Eropa dengan tidak merusak lingkungan dan menjauhi konflik sosial. 

"Singapura sudah over kapasitas, sekarang antrian di Singapura sudah 2-3 hari. Sehingga kita ambil potensi kelebihan kapasitas itu," sambungnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru