Pemkot Tanjungpinang bangun drainase untuk atasi banjir

Abdul Khoir

AlapAlap.com- Pemerintah Kota Tanjungpinang di Provinsi Kepulauan Riau mengalokasikan dana Rp1,6 miliar untuk membangun drainase guna mengatasi banjir di area perumahan Taman Harapan Indah.

Wali Kota Tanjungpinang Rahma meminta warga ikut mengawasi pembangunan drainase yang mulai dilaksanakan tahun 2023.

"Masyarakat diharapkan dapat bersama-sama mengawasi pembangunan drainase. Ini sebagai ikhtiar bersama agar banjir yang dialami warga bertahuntahun dapat teratasi," kata Rahma di Tanjungpinang, Selasa.

Rahma menyampaikan bahwa area perumahan Taman Harapan Indah (THI) sering kebanjiran saat hujan deras turun dan kondisi itu sudah berlangsung bertahun-tahun.

Oleh karena itu, ia mengatakan, pemerintah kota membangun drainase supaya aliran air di area permukiman itu lancar semasa hujan sehingga risiko banjir bisa meminimalkan.

"Pemkot Tanjungpinang memohon doa restu kepada warga perumahan THI supaya pembangunan drainase ini selesai tepat waktu," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungpinang Rusli menyampaikan bahwa dinas sedang mempersiapkan pembangunan drainase di perumahan THI.

"Diperkirakan minggu depan sudah mulai dibangun," katanya.

Rusli menjelaskan bahwa pembangunan drainase di perumahan THI meliputi pembangunan saluran utama dan saluran pintas serta normalisasi drainase di area belakang BCA.

"Pekerjaan pembangunan mulai dari pembangunan drainase hingga normalisasi kurang lebih sepanjang 500 meter, dengan anggaran dipersiapkan Rp1,6 miliar," kata Rusli.

Menurut dia, rencana pemerintah kota membangun drainase di perumahan THI sudah disosialisasikan kepada warga. Ia mengatakan bahwa ada kurang lebih 250 rumah di lingkungan perumahan THI dan sekitar 60 rumah di antaranya rawan kebanjiran.

Ketua RW 02 Juprianto mengapresiasi upaya pemerintah kota membangun drainase untuk mengatasi banjir di lingkungan permukimannya.

"Semoga ke depan perumahan kami tidak kebanjiran lagi," katanya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru