Polda Kepri sediakan layanan Samsat khusus untuk masyarakat di pulau

Abdul Khoir

AlapAlap.com- Polda Kepulauan Riau menyediakan layanan Samsat, khusus untuk masyarakat di pulau-pulau di wilayah Kepri yang diberi nama ‘Samsat Antar Pulau’.

Direktur Lalu Lintas Polda Kepri, Kombes Pol Tri Yulianto mengatakan, layanan Samsat antar pulau ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tinggal di pulau-pulau yang letaknya jauh dari kantor Samsat.

“Pelayanan secara jemput bola ini dilakukan demi memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan. Pelayanan ini merupakan salah satu upaya dari Ditlantas Polda Kepri bersama-sama dengan tim Pembina Samsat yang dalam hal ini adalah Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) dan Jasa Raharja Provinsi Kepri dalam mengembangkan inovasi pelayanan publik,” ujar Tri di Batam Kepulauan Riau, Selasa (13/6).

Inovasi ini kata dia, sangat perlu dilakukan melihat kondisi Provinsi Kepri yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi laut, sedangkan daratan terdiri dari banyak gugusan Pulau.

Dia menjelaskan, Samsat antar pulau ini nantinya akan melayani pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan, pajak kendaraan bermotor tahunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

"Nanti juga disertakan pelayanan cek fisik antar pulau untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan STNK lima tahunan," katanya.

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan dapat mempermudah dan membantu masyarakat yang berada di Kepulauan Riau baik dari segi efektivitas dan efisiensi waktu pelayanan, kemudahan pembayaran, akuntabilitas keuangan, transparansi biaya dan persyaratan serta jaminan pelayanan.

“Ditlantas Polda Kepri, Bapenda Provinsi Kepri dan Jasa Raharja Kepri yang tergabung di dalam Tim Pembina Samsat Provinsi Kepri selalu berupaya untuk memberikan pelayanan secara maksimal dan terbaik di setiap kesempatan. Kami berharap masyarakat Provinsi Kepri merasa nyaman dalam menerima pelayanan kami sehingga kehadiran negara dalam memberikan pelayanan secara tulus dan ikhlas betul-betul dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujar Tri

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru