Warga Tanjungpinang, Waspada Hujan Deras Disertai Petir

Abdul Khoir

AlapAlap.com-  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengeluarkan peringatan dini potensi hujan deras yang disertai petir akan mengguyur Pulau Bintan selama beberapa hari ke depan.

Pada Jumat (30/6) sejak beberapa hari belakang di Kota Tanjungpinang sering terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang disertai petir terutama saat pagi.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Rizqi Nur Fitriani mengatakan kondisi cuaca di Tanjungpinang dan Bintan hingga 2 Juli 2023 akan sering mengalami hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir.

“Bahkan pagi ini di Tanjungpinang dan Bintan Buyu dan Kijang hujan lebat disertai petir,” kata Fitriani, Jumat (30/6).

Pada siang hari hujan lebat yang disertai petir terjadi di wilayan Tanjung Uban, Lagoi dan Trikora.

Sementara di Tanjungpinang dan Bintan Buyu masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

“Perkiraan kita sampai tanggal 2 Juli besok cuacanya masih sama, masih sering hujan lebat yang disertai petir,” ungkapnya.

Walaupun curah hujan cukup tinggi, sekarang ini BMKG belum mengeluarkan peringatan dini akan datangnya banjir rob, karena ketinggian gelombang masih normal.

Namun demikian ketinggian gelombang itu bisa naik karena dipengaruhi oleh kecepatan angin yang belakangan ini mulai mengalami peningkatan.

“Karena hujan juga dapat menimbulkan angin kencang, jadi tidak tertutup kemungkinan ketinggian gelombang nanti juga akan naik pada wilayah pesisir khususnya,” sebutnya.

Kepada mayarakat yang tinggal di Pulau Bintan diimbau agar tetap waspada terutama saat beraktivitas di luar rumah terutama bagi nelayan dan pengendara sepeda motor.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru