Warga Tiban Keluhkan Jalan Rusak dan Tergenang Air

Abdul Khoir

AlapAlap.com-  Warga Tiban, Kecamatan Sekupang mengeluhkan jalan rusak dari Tiban Center menuju Ulil Albab. Apalagi kondisi jalan rusak yang terus menerus tergenang air, membuat pengguna jalan yang melintas harus selalu berhati-hati lantaran lubang di jalan yang tertutup air.

Jalan tersebut cukup lama tidak mendapat perbaikan, sehingga membuat kerusakan bertambah parah. Terlebih jika hujan deras turun yang membuat genangan air semakin meninggi.

“Kau sudah hujan dan tergenang air, udah gak nampak lagi mana lubangnya dan ini sudah cukup lama seperti ini,” ujar Medi, warga Tiban, Sekupang, Minggu (23/7).

Menurutnya, jalan yang kerap dilalui kendaraan roda dua dan empat tersebut sudah cukup lama dibiarkan terbengkalai, sehingga menambah kerusakan di sekitarnya.

“Ya udah lumayan lama juga dan sampai sekarang belum ada diperbaiki,” tuturnya.

Warga lainnya, Sukri mengaku, jalan tersebut rusak dan berlubang sehingga dinilai membahayakan pengendara motor. Bahkan tidak sedikit pengendara motor yang terjatuh karena motornya terperosok ke lubang. Kondisi ini juga diperparah dengan tingginya aktifitas mobil pengangkut material tanah yang sering lalu lalang.

“Ya, kalau yang jatuh sudah sering, banyak dari mereka yang tidak tau kalau ada lubang,” tuturnya.

Ia berharap ada perhatian dari pemerintah. Jangan sampai ada korban dulu baru diperbaiki oleh pemerintah. “Kita juga sudah sampaikan ke lurah dan instansi lainnya, agar perbaikan jalan ini masuk dan diprioritaskan diperbaiki tahun ini. Jangan sampai ada korban dulu baru diperbaiki,” tegasnya.

Sebelumnya, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam Suhar mengatakan, perbaikan jalan rusak melalui anggaran pemeliharaan rutin telah mulai dilakukan. Beberapa ruas jalan yang rusak dan berlubang saat ini juga sudah mulai ditambal.

“Beberapa ruas jalan yang rusak sudah kita kerjakan. Secara umum kalau bisa ditangani oleh pemeliharaan rutin pasti akan kami tangani,” katanya.

Dilanjutnya, perbaikan jalan berlubang dilakukan secara bertahap. Dimana jalan-jalan yang masuk tahap pemeliharaan rutin akan langsung dilakukan pemeliharaan penambalan dan perbaikan.

“Ada banyak lokasi dan saat ini tengah berjalan. Untuk dimana saja titiknya saya tak hapa, nanti saya cek dulu yal,” ucapnya.

Selain perbaikan melalui anggaran pemeliharaan rutin, katanya perbaikan jalan rusak parah dan berat biasanya melalui paket tersendiri. “Ada sejumlah jalan yang masuk tahap perbaikan yang diprioritaskan untuk dilaksanakan tahun ini,” tutupnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru