Kisah Soleh Kumpulkan Barang Bekas Demi Belajar Animasi

Abdul Khoir

Alap-alap.com -  Pendidikan adalah jalan untuk mengubah nasib. Tampaknya hal itu yang diyakini Soleh Eko Widodo. 

Siswa Kelas 12 SMK Teruna Jaya, Nglipar, Gunungkidul ini berpuluh-puluh kilometer jalan kaki ke sekolah dari rumahnya di Juruklegi, Katongan, Nglipar. 

Beruntung ada guru dan pegawai Puskesmas yang bermurah hati memberikan sepeda. Soleh kini bisa gowes sepeda dari rumah ke sekolah dan sebaliknya. 

Jual Botol Bekas untuk Biaya Belajar Animasi

Sebagaimana dilansir Alap-alap.com dari Labviral.com, kesungguhan Soleh dalam menuntut ilmu tidak hanya dibuktikan dari perjuangan menempuh jarak jauh ke sekolah. Namun, ada banyak kegigihan lain yang dilakukannya. 

Usai pelajaran sekolah, Soleh tidak langsung pulang melainkan tetap berada di lingkungan sekolah untuk mengerjakan tugas atau menyalurkan hobinya membuat animasi. 

Sholeh memanfaatkan jaringan Wifi gratis milik sekolah untuk mengembangkan bakatnya tersebut.

Diperjalanan pulang, Soleh juga masih menyempatkan mencari barang bekas seperti bekas kemasan dan botol plastik untuk dikumpulkan lalu dijual.

Kerja kerasnya ini guna menambah uang sakunya serta kebutuhan membeli kuota internet untuk mendukung membuat animasi. Jika ada sisa, maka uangnya akan diberikan kepada ibunya untuk kebutuhan sehari-hari. 

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru