Jelang Pemilu 2024, Sebanyak 850.334 Jiwa Data Pemilih Tercatat di KPU Batam

Abdul Khoir

Melalui tahapan pencocokan dan penelitian atau yang biasa disebut coklit, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau mencatat sebanyak 850.334 jiwa telah masuk ke dalam data pemilih untuk Pemilu 2024 mendatang.

Anggota KPU Kota Batam Sastra Tamami mengatakan pihaknya berhasil menyelesaikan sesuai dengan target pendataan dari jadwal coklit yang ditentukan mulai dari 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

"Dari 12 kecamatan dan 64 kelurahan di Kota Batam dengan sebanyak 850.334 orang pemilih selesai kita coklit. Ini merupakan kerja keras seluruh jajaran kita mulai PPK, PPS hingga pantarlih. Tidak lupa karena dukungan penuh dari komisioner yang selalu menemani jajarannya selama proses coklit,"kata Sastra dikutip ANTARA, pada Rabu (15/3/2023).

Proses coklit data pemilih di Kota Batam dilakukan pada 3.220 TPS oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) yang tersebar pada 64 kelurahan dari 12 kecamatan.

Sastra menuturkan di awal minggu pertama pada proses coklit data pemilih, pihaknya sempat mengalami kendala perangkat sistem yang kurang memadai.

"Ada yang langsung coklit pakai aplikasi, ada juga di beberapa kelurahan dilakukan secara manual dulu, baru dimasukkan e-coklit karena ada yang tidak support perangkatnya. Jadi, pada minggu-minggu pertama saja, setelah itu lancar pakai e-coklit,"katanya.

Tak dipungkiri, pada tahapan coklit ini ternyata masih ada beberapa data pemilih yang tidak memenuhi syarat. Salah satunya data pemilih yang telah meninggal dunia.

"Kalau data pemilih yang meninggal itu banyak kita temukan. Karena kita itu berpegang dengan aturan bahwa kalau tidak memiliki surat kematian, kita tidak bisa menghapus atau coret. Data itu kan milik disdukcapil, jadi kita tandai saja," pungkasnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru