Kecamatan Sagulung Raih Juara Umum STQH IX 2023 Tingkat Kota Batam

Abdul Khoir

Setelah sukses menggelar acara yang dimulai dari tanggal 10 Maret hingga 15 Maret 2023, Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) IX tingkat Kota Batam ini akhirnya ditutup dengan penentuan juara.

Bertempat di Lapangan Usman Harun, Sei Beduk, pada Rabu (15/3/2023) malam, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, menutup rangkaian acara STQH IX Batam 2023.

Pada kesempatan itu, juara umum diraih kecamatan Sagulung dengan nilai 74. Sedangkan Batam kota menyusul posisi di bawahnya, secara berturut, dengan nilai 28, Sekupang nilai 16, Bengkong, Sei Beduk, dan Galang masing-masing dengan nilai 11.

Pada sambutannya Marlin yang juga sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kepri itu mengucapkan selamat bagi para juara, ia berharap, para juara terus mengasah diri agar nantinya bisa memperkuat khafilah Kepri.

“Bagi yang belum juara, jangan berkecil hati. Teruslah berlatih dan mengevaluasi apa saja yang masih kurang,”katanya seperti dikutip kepri.kemenag.go.id pada Kamis (16/3/2023).

Senada akan hal itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi berharap pelatihan berkelanjutan harus ditingkatkan untuk menyiapkan khafilah terbaik bagi Batam.

“Batam menargetkan juara umum pada STQH tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Karimun,” katanya.

Cabang-cabang STQH IX yang di lombakan meliputi cabang tilawah Al-qur’an Golongan anak-anak dan dewasa. Cabang tilawah dan tahfidz 1 Juz dan 5 juz, cabang tahfidz 10, 20 dan 30 juz, cabang tafsir bahasa arab dan cabang tahfidz hadits 100 dengan sanad dan 500 tanpa sanad serta cabang qasidah rebana dan bazar.

Di akhir sambutannya Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, yakin bahwa dengan dimilikinya Qori dan Qoriah berprestasi, maka Kepri diharapkan mampu meraih juara umum di tingkat nasional.

“Kami menargetkan Kepri bisa juara umum pada STQH Nasional yang bakal digelar di Jambi pada Oktober mendatang,” ujarnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru