Fenomena Unik! Bulan dan Bintang Terlihat Berdekatan di Langit Kota Batam

Abdul Khoir

Pemandangan langit malam kedua Ramadan di Kepulauan Riau, Batam dihebohkan dengan pemandangan unik dan langka. Fenomena alam ini terjadi sejak sore menjelang waktu berbuka puasa pada Jum’at (24/3/2023).

Pemandangan tersebut terlihat Bulan sejajar dengan Bintang (Venus).

Dilansir kompas.com, diketahui, pada 25 Maret 2023 terjadi fenomena langka, yakni sejajarnya lima planet, bahkan empat dari lima planet tersebut bisa terlihat tanpa bantuan teleskop.

Planet-planet yang terlihat berurutan dari yang terendah hingga tertinggi di cakrawala adalah Merkurius, diikuti oleh Jupiter dan Venus. Setelah Venus, bantuan teleskop diperlukan untuk melihat Uranus, yang kemudian diikuti oleh Bulan, yang berukuran kecil dan tidak menghalangi pandangan.

BMKG Tanjungpinang, Robbi mengatakan, fenomena bulan dan bintang berdekatan ini memang termasuk jarang. Menurutnya, bulan dan venus (bintang) akan terlihat saling berdekatan. Bila dilihat dengan mata telanjang dari pengamatan manusia di Bumi.

 ''Pengamatan dan analisa kami (BMKG Tanjungpinang) hal tersebut (fenomena bulan dan bintang) merupakan kejadian yang wajar kebetulan terjadi. Jadi bukan karena ada fenomena tertentu juga,''katanya seperti dikutip TribunBatam.id pada Jumat (24/3/2023).

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru