Penumpang Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang Naik Pada H-3 Lebaran

Abdul Khoir

Kepala Operasional Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rudi Sudrajad, mengatakan jumlah penumpang mulai naik pada H-3 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pergerakan penumpang di H minus 3 Lebaran sebanyak 978 orang, meningkat 44 persen dari tahun sebelumnya," kata dia di Tanjungpinang seperti dikutip dari Antara, Kamis (20/4).

Sementara pada H-2 Lebaran, katanya, jumlah penumpang Bandara RHF juga kembali mengalami kenaikan menjadi 1.017 orang.

Menurutnya sejak H-3, okupansi penumpang pesawat di bandara tersebut mencapai 95 persen.

"Penumpang hari ini tujuan Jakarta, dan antarpulau di Kepri, meliputi Dabo Singkep, Tambelan, dan Letung," ungkap Rudi.

Kendati ada kenaikan jumlah penumpang, lanjut dia, sejauh ini maskapai yang beroperasi masih tetap sama. Yaitu Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink Indonesia dan Susi Air.
Rudi memprediksi jumlah penumpang pesawat di Bandara RHF sejak H-10 sampai dengan H+10 lebaran diperkirakan sebanyak 16.695 orang.

Selama Lebaran, sambungnya, Bandara RHF menyiapkan empat pesawat guna mengangkut pemudik hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah, yaitu Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink, dan Susi Air.

Jadwal keberangkatan Garuda Indonesia pada setiap hari Rabu dan Kamis, Batik Air setiap hari, Citilink setiap hari, dan Susi Air pada setiap hari Selasa dan Kamis.

Adapun rute penerbangan bandara RHF, masih didominasi tujuan Tanjungpinang-Jakarta yang dilayani oleh maskapai Garuda, Batik Air, dan Citilink.

"Khusus untuk Susi Air, melayani rute penerbangan antarpulau di Kepri. Meliputi Kabupaten Lingga, Pulau Tambelan di Kabupaten Lingga, dan Letung di Kabupaten Natuna," demikian Rudi.

 

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru