Tahun Baru, Listrik di Batam-Bintan Padam, Air Ikut Mati

Wulandari Astiani

Awal Tahun baru 2023 terjadi pemadaman listrik di hampir seluruh Kota Batam dan Kabupaten Bintan, Kepri. Pemadaman Listrik terjadi pada pukul 04.00 WIB. Tindak hanya listrik padam, suplai air bersih di Kota Batam juga ikut terganggu. Dampaknya masyarakat kesulitan melakukan aktivitas.

"Dari tadi pagi listrik mati. Air juga ikut mati," kata Qomala salah satu ibu rumah tangga di kelurahan Kabil, kecamatan Nongsa Batam, Minggu (1/1/2023).

Akibat pemadaman listrik dan air, Qomala terpaksa membeli makan di luar. Ia juga harus membeli air galon untuk keperluan mencuci piring dan mandi.

"Terpaksa tadi beli nasi bungkus. Untuk mandi dan cuci piring beli tiga botol galon itu juga masih kurang sebenarnya. Listrik dan air mati tidak ada pemberitahuan sehingga tidak ada persiapan," ujarnya.

Corporate Secretary PT PLN Batam, Hamidi Hamid mengatakan pemadaman listrik terjadi sejak pukul 04.00 WIB tadi. Sistem kelistrikan Batam-Bintan terdampak akibat pemadaman tersebut.

"Saat ini kami sedang melakukan pemulihan secara bertahap. Dapat kami informasikan bahwa saat ini petugas teknis juga terus melakukan upaya penanganan agar sistem kelistrikan Batam berangsur pulih kembali," kata Hamidi.

PLN Batam saat ini tengah mencari tahu penyebab pemadam listrik tersebut. Petugas PLN Batam tengah melakukan pemeriksaan menyeluruh.

"Terkait penyebab padam, PT PLN Batam sedang melakukan pengecekan secara menyeluruh atau komprehensif. Meski begitu ada beberapa wilayah Batam dan Bintan secara bertahap sudah kembali menyala saat ini," ujarnya.

"Akibat kejadian ini, PT PLN Batam meminta maaf kepada masyarakat dan memohon dukungan serta doa dari masyarakat agar sistem kelistrikan Batam-Bintan kembali normal," ujarnya.

Untuk suplai air bersih, dilansir dari Instagram resmi SPAM Batam @airbatamhilir menjelaskan terganggunya suplai air bersih ke sejumlah warga Batam akibat dari pemadam listrik.

"Pemadaman listrik ini berdampak pada terganggunya produksi air pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Duriangkang. Hal ini tentunya juga berdampak langsung pada gangguan suplai air berupa air kecil ataupun terhenti untuk sementara waktu," tulis SPAM Batam dalam Instagram resminya

"Permohonan maaf kami sampaikan atas ketidaknyamanan yang terjadi," tambahnya.

artikel terbaru