5 Nelayan Warga Tanjung Balai Korban Kapal Karam Selamat, Begini Nasibnya Sekarang!

Abdul Khoir

Alap-alap.com - Lima nelayan warga Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) hanyut hingga perairan Malaysia setelah kapal yang ditumpanginya karam.

Lima nelayan tersebut dinyatakan selamat. Kini tim gabungan tengah menjemput mereka. Tim gabungan itu terdiri atas SAR Tanjungpinang, TNI, Polri, Bakamla RI, Imigrasi Batam, dan KSOP Batam.

 "Ya benar, hari ini kami melakukan penjemputan lima nelayan Indonesia yang hanyut di perairan Malaysia karena kapalnya karam," ujar Kepala SAR Tanjungpinang Slamet Riyadi saat dihubungi di Batam Kepulauan Riau, Senin, 30 Oktober 2023.

Penjemputan lima nelayan tersebut dilakukan menggunakan KN SAR Purworejo di perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia.

Dia mengatakan, lima nelayan tersebut dievakuasi menuju Kabupaten Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepri, dalam keadaan sehat.
 
"Setelah sampai di Tanjung Balai Karimun, nanti alan dicek lagi kesehatannya, baru diserahkan kepada keluarga," kata dia.
 
Dia menuturkan, laporan lima nelayan yang kapalnya karam di Perairan Malaysia tersebut, awalnya disampaikan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru.
 
Mereka mengatakan telah mendapat informasi dari Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) Johor melalui surat Nomor APMM.W2.600-11/3/10(44) tanggal 7 Oktober 2023 terkait telah diselamatkannya lima nelayan warga negara Indonesia yang mengalami kapal karam akibat arus ombak yang besar, sehingga kapal pecah dan terbawa arus hingga berada di perairan Johor, Malaysia.
 
Setelah mendapat laporan tersebut, KJRI Johor Bahru secara paralel berkoordinasi dengan pihak berwenang di Kepulauan Riau untuk mengatur rencana kepulangan lima nelayan tersebut.

Kepulangan lima nelayan tersebut melalui proses serah terima yang melibatkan pihak dari Malaysia dan Indonesia.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru