Apa Dampak El Nino di Kepri? Begini Penjelasan Lengkap BMKG

Abdul Khoir

AlapAlap.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim buka suara ihwal fenomena El Nino di Kepulauan Riau (Kepri).

El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal.

 "Untuk El Nino, dampaknya di wilayah Kepri ini tidak terlalu signifikan," tutur Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Hang Nadim Batam Suratman sebagaimana dikutip dari antara, Selasa, 22 Agustus 2023.

Suratman menjelaskan, dampak El Nino tidak akan signifikan karena wilayah Kepri sebagian besar berada di wilayah khatulistiwa.

"Jadi yang dominan di wilayah Kepri itu, faktor lokal. Misalnya, adanya siklon tropis di sekitar Laut Natuna Utara, atau tekanan di sekitar Pulau Kalimantan, atau mungkin dari daratan Sumatera," imbuhnya.

Suratman mencontohkan, beberapa wilayah di Indonesia saat ini mulai mengalami kekeringan, namun di Kepri masih sering mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga deras.

"Seperti yang dirasakan saat ini, jarak satu hari atau dua hari ada hujan deras. Habis itu besoknya kering, terus tidak lama hujan lagi. Ya seperti itulah siklusnya di Kepri, tidak menentu. Kepri itu tidak mengenal musim kemarau. Rentang jarak antara kering dan hujannya itu pendek," ucapnya.

Masih kata dia, sebagai antisipasi pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepri terkait fenomena El Nino ini.

"Kami juga mempunyai tim khusus untuk peringatan dini untuk mengantisipasi dampak El Nino," tukasnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru