Kegiatan Orientasi Dewan Hakim STQH XV Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2023

Ebim Antoni

Panitia STQH XV Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2023 menyelenggarakan kegiatan Orientasi Dewan Hakim pada Rabu (08/03/2023). Orientasi Dewan Hakim ini diperlukan dalam rangka menyatukan persepsi dalam menilai. STQH XV kali ini akan berlangsung dari tanggal 10 sampai dengan 14 Maret 2023 dan akan diikuti 14 kecamatan se-Kabupaten Karimun sebagai persiapan menuju STQH Provinsi Kepualauan Riau yang akan dilaksanakan di Kabupaten Karimun.

“Untuk mendapatkan peserta yang terbaik maka panitia pelaksana STQH melakukan kegiatan yang disebut Orientasi Dewan Hakim. Dewan Hakim terdiri dari 40-an orang dan akan menilai dua cabang lomba dengan tujuh golongan, tentu saja perlu mendapatkan pemahaman yang sama dalam menilai hal yang sama. Benar, para Dewan Hakim sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang sama dalam menilai selama ini. Tapi apakah akan sama atau hampir dalam menilai nanti, inilah yang mau disatukan.” Ungkap Drs. H.M Rasyid Nur, M.M salah satu Ketua Majelis Hakim.

Drs. H.M Rasyid Nur, M.M menjelasakan bahwa ada ketentuan resmi dalam memberi nilai yakni interval antara satu Dewan Hakim dengan Dewan Hakim lain yang menilai bidang yang sama tidak dibolehkan melebihi angka dua. Dari maksimal nilai 30, misalnya setiap Dewan Hakim secara subyektif akan memberikan angka antara 0-30 itu kepada setiap peserta. Nah, tidaklah mudah tiga orang Dewan Hakim untuk memberikan nilai yang sama atau hampir sama saat menilai. Sementara ketiga hakim itu tidak duduk berdekatan. Patokannya hanyalah ketentuan salah-benar atau agak salah dan agak benar itu saja.

Editor: M Aditya

artikel terbaru