Mencicipi Kelezatan Mie Tarempa, Kuliner Khas Kepulauan Riau

Abdul Khoir

Kepulauan Riau (Kepri) yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia ini kerap kali menjadikan Kepulauan Riau (Kepri) memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik dan internasional.

Menyajikan panorama alamnya yang memukau, Kepri juga memiliki banyak sekali kuliner khasnya. Salah satu menu makanan khas tersebut adalah Mie Tarempa.

Mie Terempa memiliki perbedaan dengan bentuk mie pada umumnya. Mie Tarempa bentuknya pipih. Namun, tidak selebar Mie Tiaw. Mie Tarempa selalu dipadukan dengan telur orak arik. Lalu, khusus topingnya, masyarakat bisa memilih sendiri, ada ikan tongkol, daging, babat dan seafood (udang, cumi dan bakso ikan).

Mie Tarempa menyajikan tiga varian. Di antaranya ada varian kering, lembab dan basah. Varian kering biasanya tidak berkuah. Mie Tarempa lembab kuahnya hanya sedikit. Sedangkan basah, kuahnya banyak seperti mie rebus.

Berbagai pilihan varian dan topping, bisa menyesuaikan selera para pembeli. Tapi,varian  paling banyak diminati adalah Mie Tarempa Seafood dengan varian lembab.

Selain kuahnya yang lezat, mie tarempa juga dihidangkan dengan pelengkap yang membuat rasanya semakin nikmat.

Pelengkap tersebut antara lain irisan tomat, irisan bawang merah, daun bawang, dan perasan jeruk nipis. Beberapa tempat bahkan menambahkan telur rebus dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Agar lebih nikmat di lidah, tambahkan sesendok acar cabai hijau untuk menambah rasa segar dan asam. Ketika dicampur bersama mi, rasa dari acar akan membuat rasa Mie Tarempa semakin nikmat di mulut.

Salah satu rekomendasi rumah makan yang menghidangkan menu makanan ini adalah RM Mie Tarempa'k yang berada di Jalan Laksamana Bintan tepatnya di Ruko Ruko Royal Sincom, Blok. D No 15-16, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Kepri.

Untuk seporsi Mie Tarempa, hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp20.000 – Rp25.000 saja.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru