Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan 1444 H di SMPN 3 Kundur Utara Diisi Narasumber Penyuluh Agama Islam Ustadz Chandra Wah

Resta Apriatami

Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan 1444 H di SMPN 3 Desa Teluk Radan, Kundur Utara diisi Narasumber Penyuluh Agama Islam Ustadz Chandra Wahidin pada Rabu, 29 Maret 2023 yang diikuti 120 peserta.

Ustadz Chandra Wahidin pada kesempatan tersebut menyampaikan pesan kepada siswa SMPN 3 yang hadir bahwa ternyata ular dan ulat sama sama dalam fase hidupnya menjalani puasa. Namun terdapat perbedaan ‘hasil’ dari puasanya. 

Puasa ular hanya menghasilkan pergantian kulit. Ular tetap jadi ular dengan karakter yang sama dengan sebelumnya, tetap berbisa dan berbahaya bagi manusia. 

Berbeda dengan ulat, setelah puasa dalam kepompong, ulat berubah menjadi kupu kupu yang cantik. Tidak hanya secara fisik berubah juga karakternya. Jika saat masih berwujud ulat, ia adalah musuh tumbuh-tumbuhan karena memakan daun dengan sangat rakus. Namun setelah berubah menjadi kupu-kupu, ia menjadi sahabat tumbuh-tumbuhan karena membantu penyerbukan.

"Puasa yang dijalani oleh umat Islam pada bulan Ramadhan ini juga bisa seperti ular atau ulat. Ada yang tak ada perubahan sama halnya ular. Dan yang harus kita ikuti adalah puasanya ulat, terdapat perubahan pasca puasa." Pesan Ustadz Chandra Wahidin

Ibu Endah Reksi Lestari selaku Kepala Sekolah SMPN 3 Kundur Utara mengucapkan terimakasih atas kesediaan penyuluh agama Ustadz Chandra Wahidin dalam menyampaikan materi seputar ramadhan kepada siswa siswi di SMPN 3 Kundur Utara.

Editor: Ebim Antoni

artikel terbaru