Penyuluh Ustadz A. Kadir Sampaikan Materi Tentang Wudhu dan Tayamum Pada Kegiatan Pesantren Kilat di SMAN 6 Kundur

Ica Juniyanti

Penyuluh Agama Islam Non PNS ustadz A. Kadir mengisi Tausiah pada kegiatan Pesantren Kilat di SMAN 6 Kundur dengan tema Wudhu dan Tayamum (Bersih Itu Indah) dilaksanakan di ruang Musholla SMAN 6 Kundur pada 04 Maret 2023 bersamaan 13 Ramadhan 1444H.

Kegiatan dihadiri seluruh siswa SMAN 6 Serta guru Pembina, Osis serta guru kesiswaan, kegiatan diikuti dengan sangat antusias oleh siswa. Teknis penyampaian disampaikan ustadz A. Kadir dengan cara mengajak bukan menginjak, merangkul bukan memukul dan mendidik bukan menghardik.

Ustadz A. Kadir menjelaskan kepada siswa bahwa Wudhu adalah proses membersihkan bagian-bagian tubuh tertentu dengan air bersih, sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dalam agama Islam. Prosedur wudhu meliputi mencuci wajah, tangan, kedua lengan hingga siku, menyapu kepala, mencuci kedua telinga, dan terakhir menyapu kedua kaki hingga mata kaki.

Sedangkan tayamum adalah pengganti wudhu dan mandi jika tidak ada air atau jika menggunakan air akan membahayakan kesehatan atau keselamatan seseorang. Prosedur tayamum meliputi memukul tanah atau batu dengan tangan dan menyapu wajah dan tangan hingga siku.

"Baik wudhu maupun tayamum memiliki keutamaan dan manfaat bagi kesehatan dan kesucian spiritual. Dalam agama Islam, wudhu dan tayamum diwajibkan sebelum melakukan shalat dan beberapa ibadah lainnya." Terang Ustadz A. Kadir

Editor: Akbar Monte

artikel terbaru