Serba-serbi Safari Ramadhan Bersama OSIM MAN Karimun

Jahziel

Dalam rangka mengisi praktik baik di Bulan Ramadhan 1444 H, OSIM Madrasah Aliyah Negeri Karimun menggelar Safari Ramadhan di Masjid Miftahul Jannah. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan kembali pada tanggal 11 April 2023 di Musholla Jabal Muttaqin.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh pengurus Masjid, bahkan mereka berinisiatif menyelaraskan kegiatan safari Ramadhan bersama OSIM MAN Karimun.  Berbaurnya OSIM MAN Karimun, masyarakat setempat serta siswa TPQ  menambah semarak kegiatan buka bersama.

Dimulai dengan tadarus Al-Qur'an dan persiapan berbuka puasa. Warga terlihat antusias, masing-masing dari mereka mengumpulkan takjil berupa kue, kolak dan buah-buahan, bahkan makanan berat setelah pelaksanaan sholat magrib berjamaah telah disiapkan. kemudian dilanjutkan kegiatan cerdas tangkas ramadhan. Kegiatan interaktif tersebut diikuti oleh beberapa siswa TPQ yang berasal dari kawasan tersebut,.

Dalam pelaksanaan Safari Ramadhan pengurus Masjid meminta  siswa MAN Karimun untuk menjadi petugas dalam kegiatan tersebut mulai darimpetugas tadarus, muadzin dan lain sebagainya. Kesempatan tersebut bak gayung bersambut. Inilah saatnya mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama di madrasah.

Dikatakan Plt Kepala MAN Karimun, Reni Rahmayanti M.Pd  melalui Guru Pembina OSIM, Siti Maisaroh, S.Pd bahwa Safari Ramadhan merupakan progam yang sangat baik. Pasalnya kegiatan ini bertujuan menjalin hubungan silaturrahim antara keluarga besar madrasah dengan masyarakat dan sekaligus mensosialisasikan keberadaan serta program unggulan yang ada di MAN Karimun. 

Selain itu, Reni Rahmayanti juga menjelaskan bahwa siswa MAN Karimun diharapkan hadir sebagai generasi yang moderat di tengah pesat dan berkembangnya transformasi digital. Milenial yang baik adalah mereka yang dapat mengelola waktu untuk hal-hal yang baik  serta memberi banyak manfaat. Bukan sebaliknya menjadi budak teknologi. Hal lain yang lebih penting ditegaskan oleh Reni Rahmayanti diharapkan siswa MAN Karimun dapat menjadi model penyejuk, generasi literat yang dapat meredam segala isu keberagaman dalam kehidupan beragama. Sehinggu kehidupan beragama dapat tumbuh damai dan harmonis di Indonesia khususnya di Kabupaten karimun kota tercinta.

Felly Eka Saputra Ketua Masjid Miftahul Jannah turut senang dengan safari Ramadhan, beliau menyampaikan ribuan terimakasih atas kunjungan dari MAN Karimun, serta partisipasi siswa/i yang sudah memberikan penampilan  terbaik, dan berharap kegiatan ini dapat menjadi pengalaman berharga dan bermanfaat bagi masyarakat sekaligus siswa/i MAN Karimun.

Setelah peleksanaan sholat tarawih selesai, kagiatan Safari Ramadhan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan ucapan terimakasih oleh siswa/i MAN Karimun kepada Pengurus Masjid Al-Muttaqin dan foto bersama.

Editor: Hikmat Rabbbani

artikel terbaru