9 Ramuan Obat Alami Redakan Mabuk Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Abdul Khoir

Dalam perjalanan mudik, beberapa orang kerap tidak tahan hingga mengalami mabuk perjalanan. Gejala ini ditandai dengan rasa pusing, mual, dan muntah saat kendaraan atau wahana hiburan bergerak. Gejala biasanya berhenti saat gerakan berhenti meski bagi beberapa orang gejalanya tidak seketika hilang.

Kondisi tersebut tentunya membuat tidak nyaman, dan bisa menghambat perjalanan.

Untuk membantu meredakan gejala mabuk perjalanan yang tidak menyenangkan, berikut ini ada beberapa obat alami yang bisa Anda bawa dan dikonsumsi saat di perjalanan. Di antaranya seperti;

1. Minyak atsiri

Merangsang indra lain dapat mengalihkan perhatian dari gerakan kendaraan, sehingga bisa mengurangi atau mencegah gejala mabuk perjalanan. Oleh karena itu, minyak atsiri bisa berguna menjadi obat alami untuk mengatasi mabuk perjalanan. Minyak ini, seperti minyak peppermin, minyak lavender, dan minyak kayu putih.

2. Teh kamomil

Teh ini bisa menjadi obat alami untuk mengatasi mabuk perjalanan Anda dengan meminumnya hangat atau dingin. Lebih enak, jika teh ini ditambah madu. Teh kamomil berkhasiat untuk membantu mengatasi rasa mual dan menenangkan pikiran Anda selamam perjalanan.

3. Akar manis

Akar manis terkenal berkhasiat untuk menenangkan lambung, iritasi asam lambung, dan gangguan pencernaan. Selain itu, herbal ini juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi mabuk perjalanan. Penelitian membuktikan akar manis secara signifikan mengurangi gejala, seperti mual, kembung, dan sendawa.

4. Makan makanan kecil dan tetap terhidrasi

Obat alami untuk mengatasi mabuk perjalanan mudik lainnya adalah hindari makan berat (makan sedikit-sedikit saja) dan jaga tubuh tetap terhidrasi. Meskipun pilihannya bisa sangat terbatas saat Anda melakukan perjalanan, hindari makanan berat yang asin, pedas, atau berminyak. Lalu, minimalkan asupan minuman berkafein dan alkohol sebelum dan selama perjalanan. Jika obat alami tidak mujarab untuk Anda, beberapa obat mabuk perjalanan yang dijual bebas bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya.

5. Mengunyah Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang efektif untuk melawan mabuk perjalanan. Tak hanya itu jahe juga mudah didapat, jahe mengandung bahan aktif bernama ‘gingerol’ yang baik untuk mencegah muntah, mual dan kelelahan. Jahe juga dilengkapi dengan banyak vitamin penting lainnya sehingga baik untuk mengisi kembali energi. Saat ini, jahe bisa dikonsumsi  dalam bentuk permen, bubuk, kapsul kering atau minuman teh. 

6. Makan sebelum memulai perjalanan

Terkadang makan selama di perjalanan dapat membuat mual, untuk mencegah hal tersebut sebaiknya mengisi perut Anda sebelum pergi mudik. Perut kosong membuat Anda rentan mengalami mual dan muntah. Bahkan seseorang yang dalam perjalanan  mendapat keringanan untuk tidak puasa.

7. Aromaterapi

Aromaterapi merupakan cara efektif untuk menghilangkan mual dan pusing selama perjalanan. Tidak hanya harum, aromaterapi merangsang indera vital dan membuat Anda teralihkan. Anda juga bisa menggunakan papermint, kapulaga bahkan adas. 

8. Menghisap Es Batu

Bila Anda terjebak dalam situasi dan tidak dapat menemukan obat lain untuk menenangkan diri Anda, mengisap es batu bisa menjadi obat untuk meredakan mual, pusing dan juga muntah saat perjalanan. 

 

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru