Mengenal Bahaya Microsleep, Ini Pencegahannya

Abdul Khoir

Seperti diketahui, mengantuk adalah salah satu penyebab kecelakaan tertinggi yang dialami pemudik, microsleep juga kerap dialami para pemudik ketika berkendara. 

Dilansir sehatq.com, Microsleep adalah periode tidur sangat singkat yang hanya berlangsung detik saja. Para peneliti umumnya mendefinisikan masalah ini sebagai episode tidur yang hanya berlangsung 15 detik atau kurang.

Microsleep umumnya disebabkan kurang tidur. Oleh karena itu, memperbaiki pola tidur bisa mengurangi resikonya. Mendapatkan jam tidur ideal sangatlah penting bagi kesehatan tubuh Anda. Orang dewasa disarankan untuk tidur sekitar 7-9 jam setiap harinya.

Untuk mencegah terjadinya microsleep yang menjadi salah satu penyebab kecelakaan saat mudik, berikut ini ada beberapa cara mencegah microsleep yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Tidur Cukup Sebelum Melakukan Perjalanan

Setidaknya seminggu sebelum memutuskan mudik, ada baiknya jika pemudik terutama yang membawa kendaraan melakukan tidur cukup dan berkualitas agar menjaga tubuh tetap fit dan tidak kelelahan ketika melakukan perjalanan mudik.

2. Jangan Konsumsi Obat Sebelum Mengendarai Kendaraan

Hindari minum obat sebelum mengendarai kendaraan. Banyak sekali obat yang beredar di pasaran yang bisa menyebabkan kantuk. Tentu saja hal tersebut berisiko bagi pemudik yang mengendarai kendaraan.

Anda juga bisa mengunyah permen karet atau makan dan minum yang rasanya asam yang bisa merangsang mata Anda tetap segar.

3. Menepikan Kendaraan Untuk Beristirahat Sejenak

Jika rasa kantuk sudah sulit dikontrol dan khawatir akan terjadi microsleep, maka tepikan kendaraan lalu beristirahatlah dan tidur sejenak demi keamanan dan kenyamanan bersama selama dalam perjalanan.

4. Posisi duduk yang tepat

Apabila istirahat dirasa sudah cukup, maka selanjutnya sebelum berkendara perlu memposisikan kursi kemudi senyaman mungkin. Sebab posisi duduk yang tepat dan nyaman bisa menjadi cara mencegah microsleep yang cukup ampuh.

Akan tetapi, kondisi nyaman di sini bukan berarti bangku harus dibuat layaknya sedang bersantai. Usahakan bangku kemudi tetap pada sudut 90°. Sebab posisi duduk dengan sudut tersebut cukup ampuh untuk mencegah rasa kantuk yang menjadi penyebab besar timbulnya microsleep.

5. Konsumsi makanan atau minuman sehat

Lalu cara mencegah microsleep yang terakhir dengan mengonsumsi berbagai makanan dan minuman sehat. Jenis makanan tersebut bisa kacang-kacangan atau makanan yang rendah karbohidrat. Sebab dikhawatirkan jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti roti atau nasi, justru membuat kekenyangan dan rasa kantuk bisa timbul lebih cepat.

Sedangkan untuk jenis minuman, sebenarnya tidak terlalu spesifik, tapi usahakan mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Sebab air putih akan membantu untuk membawa suplai oksigen ke otak dan mampu mencegah dari rasa kantuk yang berlebihan.

Pastikan juga apabila ingin mengonsumsi minuman selain air putih, kandungan gulanya tidak terlalu banyak. Sebab kandungan gula terlalu banyak juga berbahaya dan bisa menjadi penyebab timbulnya rasa kantuk berlebihan.

 

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru