Semakin Mudah, Sebanyak 180 pelaku UMKM di Tanjungpinang Mendapatkan Sertifikasi Halal Secara Gratis

Abdul Khoir

AlapAlap.com- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), mengumumkan bahwa sebanyak 180 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah menerima bantuan sertifikasi halal secara gratis pada tahun 2023 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memajukan sektor usaha halal, khususnya di Tanjungpinang," kata Kepala Disdagin Kota Tanjungpinang Riany di Tanjungpinang, Kepri, Kamis (18/5/2023).

Riany mengatakan secara bertahap para pelaku UMKM mulai memperoleh sertifikasi halal yang difasilitasi Disdagin Tanjungpinang, dalam upaya meningkatkan kualitas dan daya saing produk-produk halal di pasaran.

Menurut Riany, sebenarnya sertifikasi halal bisa dilakukan secara mandiri, namun pelaku usaha terkendala dana dan waktu untuk pengurusannya.

"Para pelaku UMKM sangat beruntung, karena kami akan memfasilitasi sampai mendapatkan sertifikasi halal," ucapnya.

Riany menekankan bahwa sertifikasi halal bukan hanya sekadar persyaratan, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang bagi pelaku usaha dalam meningkatkan pangsa pasar dan keuntungan bisnis.

"Dengan memiliki sertifikat halal, produk UMKM akan lebih diterima di pasaran, terutama di kalangan konsumen Muslim yang membutuhkan produk halal baik di pasar domestik maupun internasional," katanya pula.

Sementara, Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Tanjungpinang Surya Dharma Sarno menyampaikan pihaknya tengah menggelar kegiatan fasilitasi sertifikasi halal di salah satu hotel daerah setempat. Kegiatan yang digelar 17-18 Mei 2023 itu diikuti sebanyak 45 pelaku usaha dari berbagai sektor seperti makanan, minuman, dan produk-produk konsumen lainnya.

"Mereka kita fasilitasi untuk memperoleh sertifikasi halal secara gratis," kata Surya.

Oleh karena itu dirinya berharap dengan adanya fasilitasi sertifikasi halal ini, pelaku usaha/UMKM akan semakin termotivasi untuk memenuhi standar halal dan menjaga kualitas produknya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru