Sempat Tersendat, Tujuh Genset Cadangan Kiriman PLN Berlayar di Karimunjawa

diki

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta mengirimkan tujuh unit genset cadangan ke karimunjawa, dan telah berhasil mendarat dengan selamat di ikirim menggunakan KRI Makassar-590.Ketujuh genset cadangan yang dikirimkan itu, sebagai cadangan dan dukungan untuk mengalirkan listrik ke masyarakat.

Pelaksana tugas Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan di Karimunjawa sebenarnya ada genset ukuran besar berkapasitas 2 Mega Watt (MW). Dua genset besar berkapasitas 2MW itu, digunakan untuk mengalirkan listrik kepada masyarakat.

Sujarwanto menjelaskan, PLN mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Legon Bajak di Desa Kemujan untuk menyuplai listrik bagi masyarakat di Kecamatan Karimunjawa. Namun, PLTD itu saat ini sedang mengalami kendala teknis.

Akibatnya, pasokan listrik untuk para pelanggan di Karimunjawa Besar dan Kemujan terganggu. Untuk itu didatangkan genset secukupnya agar back up betul-betul dalam kondisi baik, Lebih lanjut Sujarwanto menjelaskan, melalui pengiriman tujuh unit genset itu diharapkan pasokan listrik kepada masyarakat di Karimunjawa tidak terganggu.

Sebab, jika satu hari saja listrik padam di Karimunjawa bisa mengganggu aktivitas masyarakat.

"Kalau listrik padam, SPBU juga tidak bisa menjual BBM ke masyarakat. Maka hari ini PLN mengirim genset secukupnya untuk mendukung keandalan pasokan listrik," jelasnya.

Sementara itu untuk tiga pulau lain di Kecamatan Karimunjawa, pasokan listrik masih aman. Ketiga pulau itu adalah Pulau Parang, Nyamuk dan Genting yang mendapat suplai listrik dari pembangkit bertenaga surya.

Editor: Jahziel

artikel terbaru