Akuisisi PT Ecogreen Oleochemicals Batam (EOB), PLN Batam Siap Pasok Listrik 30 Mega Watt

Abdul Khoir

Melalui program Captive Power Acquisition, PT PLN Batam resmi mengakuisisi beban listrik PT Ecogreen Oleochemicals Batam (EOB) dengan total kapasitas 30 Mega Watt (MW) yang akan disambungkan secara bertahap.

Captive power merupakan kondisi di mana sebuah perusahaan mengelola dan menyediakan sumber pasokan listrik sendiri, di luar pasokan dari PLN.

Pelanggan yang memiliki captive power dalam memenuhi kebutuhan listriknya, dapat beralih untuk mendapatkan pasokan listrik secara penuh dari PLN Batam.

Tahapan awal, PLN Batam akan memasok PT EOB listrik sebesar 3.75 MW. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Direktur Manufacturing PT EOB, Anwar Sutanto bersama Senior Manager Unit Bisnis Distribusi dan Pelayanan PT PLN Batam, Ahmad Syauki.

Pada kesempatan ini hadir pula Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PT PLN (Persero), Direktur Utama PT PLN Batam, Direktur Bisnis dan Pengembangan Usaha PT PLN Batam dan Direktur Compliance and Development PT EOB.

Dalam sambutannya, Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PT PLN (Persero), Hartanto Wibowo, mengucapkan terima kasih kepada PT EOB atas sinergi dan kolaborasi yang luar biasa dengan PLN Batam.

“Kerjasama ini mengedepankan win win solution, artinya bagi pelaku industri dapat meningkatkan efisiensi biaya produksi terutama dan PT EOB dapat lebih fokus mengelola bisnisnya, urusan listrik serahkan kepada PLN Batam,” ujar Hartanto seperti dikutip TribunBatam.id pada Jum’at (17/3/2023).

Direktur Utama PT PLN Batam, Muhammad Irwansyah Putra, juga memberikan apresiasi tinggi terhadap PT EOB. Ke depannya, PLN Batam akan siap mendukung pertumbuhan sektor industri dengan menambah daya 1.008 MVA.

“Terima kasih karena telah mempercayai PLN Batam untuk menjadi solusi kelistrikan. Kami bangga dapat mensuplai energi listrik untuk PT EOB. Semoga bisnis PT EOB semakin maju dan dapat meningkatkan daya saing industri dan pertumbuhan ekonomi di Kota Batam,”tuturnya.

Senada akan hal tersebut, Direktur Manufakturing PT EOB, Anwar Sutanto, mengatakan dengan adanya akuisisi ini akan meningkatkan efisiensi biaya produksi, sehingga dapat mengoptimalkan produktivitas dan terus mengembangkan usahanya dimasa yang akan datang.

 “Investasi kami di Batam akan selalu bertambah. Pabrik manufaktur kami selalu butuh listrik dan kami senang sekali kerja sama dengan PLN Batam, karena tim dari PLN Batam sangat kooperatif,”pungkasnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru