Waduh! Kondisi Cuaca Panas, Beban Pemakaian Listrik Meningkat

Abdul Khoir

AlapAlap.com- Dalam dua pekan terakhir beban pemakaian listrik PLN oleh pelanggan cukup tinggi. Penyebabnya, tidak lain karena kondisi cuaca panas. Ini terjadi tidak hanya pada siang hari, tapi juga malam.

”Konsumi listrik memang mengalami peningkatan dalam dua pekan ini. Range-nya dari 27 megawatt (Mw) sampai 31 Mw. Sementara kemampuan daya yang tersedia hanya 32 MW,” ujar Manajer Unit Layanan Pelanggan PLN Tanjungbalai Karimun, Hendrico, Senin (29/5).

Dengan puncak pemakaian sampai 31 Mw, katanya, PLN masih memiliki persediaan. Meski demikian, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk hemat dalam mengkonsumsi listrik. Jika memang ada peralatan yang tidak dipakai, sebaiknya off atau dimatikan saja.

”Alhamdulillah, untuk kondisi mesin pembangkit yang digunakan saat ini dalam keadaan baik semuanya. Kondisi pemakaian listrik juga dipengaruhi dengan adanya hujan dalam dua pekan terakhir. Karena, pemakaian listrik akan turun jika hari hujan,” papar Hendrico.

Menyinggung tentang sering terjadi petir yang disertai hujan, Hendrico menyebutkan, memang akibat faktor alam berupa petir dan kilat telah menyebabkan adanya peralatan milik PLN yang rusak.

”Ada dampak karena terkena Sambaran petir atau kilat. Tapi tidak banyak. Termasuk kWh meteran milik pelanggan. Kita menghimbau kepada pelanggan jika terjadi petir atau kilat segera untuk mencabut aliran listrik yang terpasang ke stop kontak listrik. Sehingga, terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya. 

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru