Fakta Unik Karimunjawa

diki

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menjadi bagian dari Jawa Tengah, Karimunjawa tentu menjadi wilayah yang selalu ramai untuk menjadi tempat liburan. Terlebih bagi masyarakat perkotaan yang rindu akan suasana asri dengan pemandangan pantai yang cantik. Terlebih Karimunjawa termasuk wilayah kepulauan karena di dalamnya terdapat lebih dari dua puluh pulau kecil berkarang yang begitu indah.

Mendapat julukan sebagai salah satu Surga Tropis Indonesia, Karimun Jawa memang memiliki pemandangan alam yang begitu eksotis. Banyak wisatawan, baik lokal maupun luar negeri yang berbondong-bondong ke sana. Keramahan penduduk Karimunjawa juga menjadi salah satu alasan mengapa pulau tersebut digemari oleh wisatawan.

Karimunjawa, Kemujan, Menjangan Besar, dan Menjangan Kecil merupakan pulau-pulau utama di Karimunjawa yang banyak dikunjungi wisatawan. Namun, tidak semua pulau yang memiliki akses listrik 24 jam penuh. Sebagian besar hanya mendapat penerangan dari pukul lima sore hingga enam pagi. Jadi, jika ke sana dan tidak membawa power bank banyak, mending berhemat daya ponsel dan perbanyak bercengkrama dengan penduduk lokal.

Editor: Jahziel

artikel terbaru