Festival Budaya Tionghoa 2023 digelar di Kota Tanjungpinang

Abdul Khoir

AlapAlap.com- Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Dispar Kepri) bersama Ikatan Tionghoa Muda (ITM) kembali menggelar Festival Budaya Tionghoa 2023 di Jalan Merdeka, Kota Lama, Kota Tanjungpinang pada 27-28 Mei 2023.

"Kegiatan ini masuk tahun kedua yang digelar Dinas Pariwisata dengan menggandeng sejumlah organisasi warga Tionghoa yang ada di Tanjungpinang," kata Pelaksana Tugas Kepala Dispar Kepri Heri Mokhrizal, melalui lansiran ANTARA, Jumat.

Ia menuturkan, acara ini sebagai salah satu upaya menarik kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanjungpinang. Selain mendorong pelestarian budaya masyarakat Tionghoa.

Dia juga mengajak warga setempat untuk meramaikan ajang tersebut, karena ada kegiatan bazar UMKM, kuliner, hingga aneka pertunjukan seni dan budaya khas Tionghoa.

"Salah satunya, pertunjukan barongsai," ujarnya pula.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dispar Kepri Afitri Susanti mengatakan Festival Budaya Tionghoa adalah salah satu agenda wisata yang didukung oleh Pemprov Kepri.

Menurutnya, kegiatan serupa akan kembali digelar tahun 2024, agar bisa menjadi agenda tahunan dan bisa masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). Festival Budaya Tionghoa menjadi strategi kolaborasi antara Dispar Kepri dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui penyelenggaraan kegiatan yang berkualitas.

“Tujuannya tentu dalam rangka membangkitkan geliat event daerah dengan mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan wisata, dan memberdayakan potensi lokal. Festival Budaya Tionghoa dan agenda lainnya di Kepri harus terus kita dukung,” kata Afitri Susanti.

Ketua Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Kepri Edi Yanto menyampaikan beragam pertunjukan bercirikan masyarakat Tionghoa akan digelar, salah satunya seni pertunjukan barongsai.

Ia mengklaim kegiatan ini memang sudah selalu ditunggu-tunggu masyarakat Tionghoa lokal maupun wisatawan dari negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

“Para pengunjung akan dihibur pentas seni, berbagai kebudayaan Tionghoa, barongsai naga dan aneka kuliner atau makanan Tionghoa,” ujar Edi pula.

Pihaknya mewakili masyarakat Tionghoa sangat mengapresiasi perhatian Pemprov Kepri atas terselenggaranya kegiatan ini di lokasi terbuka. Apalagi rencananya akan diresmikan langsung oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

“Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat Tanjungpinang dan Bintan. Ayo, sama-sama datang dan nikmati acara ini,” demikian Edi.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru