Mengenal Gerakan Kesatria yang Diluncurkan Pemprov Kepri, Apa Manfaatnya?

Abdul Khoir

Alap-alap.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) meluncurkan Gerakan Kesatria pada Selasa, 5 September 2023.

Sekretaris Daerah Kepri Adi Prihantara menerangkan, Gerakan Kesatria merupakan kepanjangan dari Gerakan Kepri Sadar dan Tertib Arsip. Gerakan Kesatria didukung sistem bernama Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Tujuan diluncurkannya Gerakan Kesatria ialah untuk menyamakan persepsi, meningkatkan motivasi serta membangun komitmen yang tinggi dari pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap arsip sebagai pilar akuntabilitas.

"Gerakan Kesatria menjadi tonggak penting akan kesadaran pentingnya arsip," kata Adi di Aula Seri Beni, Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, sebagaimana dikutip dari antara.

Manfaat Gerakan Kesatria untuk melestarikan sejarah dan memastikan akses yang mudah terhadap dokumen penting daerah sebagai jejak digital kepada anak cucu serta calon pemimpin Kepri di masa depan.

Masih kata Sekda, Srikandi sangat berguna bagi Pemprob Kepri karena akan mengubah cara pengarsipan. Sistem ini memberikan efisiensi yang lebih besar dalam pengelolaan arsip.

Srikandi diyakini bisa mengurangi risiko kehilangan data begarga dan memungkinkan akses yang lebih mudah dan cepat.

"Arsip yang terjaga, menjadi barang berharga di masa depan," lanjutnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru