Alasan PDIP Masukkan Nama Ridwan Kamil Kandidat Cawapres Ganjar Pranowo

Abdul Khoir

Alap-alap.com -  PDIP secara terbuka menyatakan bahwa Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil masuk dalam bursa calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Bukan tanpa alasan, nama Ridwan Kamil masuk dalam bursa Cawapres PDIP karena berbagai pertimbangan, diantaranya rekam jejak, prestasi hingga elektabilitas.

"Saya tegaskan bahwa masuknya nama Ridwan Kamil dalam pertimbangan kami karena faktor rekam jejak, prestasi, kepemimpinan dan elektabilitasnya," kata Ketua DPP PDIP Said Abdulah kepada wartawan, Rabu (13/9/2023).

Said mengakui bahwa Ridwan Kamil merupakan kader Partai Golkar, bahkan statusnya sebagai pimpinan.

Terkait dukungan Partai Golkar jika Ridwan Kamil ditunjuk PDIP mendampingi Ganjar, Said menyatakan PDIP tidak bisa mengintervensinya. Apalagi, Partai Golkar sudah duduk dalam Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres.

"Apakah jika Ridwan Kamil terpilih mendampingi Ganjar Pranowo akan didukung Partai Golkar atau tidak, tentu itu kewenangan penuh Partai Golkar. Namun menjadi hak Pak Ridwan Kamil untuk menentukan langkah politiknya," ujarnya.

Masih kata Said, PDIP hingga kini terus menggodok bakal cawapres yang akan mendampingi Ganjar. 

"Prinsipnya, para ketua umum masih merumuskan skema terbaik buat Mas Ganjar atas sosok yang nanti mendampinginya. Masih ada rentang waktu satu bulan sampai penutupan pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden," ungkap Said.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru