Kamu Harus Tahu! Fakta-fakta Kaesang Putra Jokowi Jadi Ketum PSI

Abdul Khoir

Alap-alap.com - Kaesang Pangarep kembali menjadi sorotan. Hal itu berawal dari dirinya mengumumkan terjun ke dunia politik lewat bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Langkah Kaesang itu menuai banyak komentar dari politikus partai politik lainnya. Ada yang menduga keluarga Presiden Joko Widodo menjauh dari PDI Perjuangan. 

Belum selesai desas-desus tersebut, kemarin Kaesang resmi menjadi Ketua Umum PSI. Berikut fakta-faktanya sebagaimana dikutip Alap-alap.com dari Labviral.com pada Selasa (26/9/2023):

1. Kaesang ditetapkan jadi Ketua Umum PSI di Kopdar Nasional

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, resmi menjadi Ketua Umum PSI. Keputusan ini ditetapkan dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie pun menetapkan Kaesang secara resmi menjadi Ketum PSI. SK Kaesang menjadi Ketum PSI pun diserahkan Grace kepada Kaesang secara langsung.

"Memutuskan, menetapkan pengangkatan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum DPP PSI periode 2023-2028," kata Grace. 

2. Giring diangkat jadi anggota dewan pembina PSI

Sementara, Gring Ganesha selaku ketua umum terdahulu mendapat jabatan baru menjadi anggota Dewan Pembina PSI. 

"Surat keputusan Dewan Pembina tentang pengangkatan Dewan Pembina DPP PSI. Memutuskan menetapkan satu, pengangkatan Bro Giring Ganesha menjadi anggota Dewan Pembina," ujar Grace. 

Selain itu, Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka juga dicopot dari jabatannya dan menjabat anggota Dewan Pembina PSI. "Isyana Bagoes Oka menjadi anggota Dewan Pembina PSI," ucapnya.

3. Pidato pertama Kaesang setelah resmi jadi Ketua Umum PSI

Kaesang Pangarep berpidato setelah dilantik jadi Ketum PSI. Kaesang mengungkap alasannya terjun di dunia politik yakni terinspirasi dari Jokowi. Dia ingin mengikuti jejak ayahnya untuk berpolitik demi kebaikan.

"Terus terang saya masuk politik itu ya salah satu inspirasinya ya Bapak saya sendiri," kata Kaesang dalam sambutan perdananya usai dilantik jadi Ketum PSI, di Djakarta Theater, Jakarta Pusat. 

4. Kaesang optimis PSI menjadi partai besar

Kaesang menyampaikan Terima kasih kepada pimpinan daerah hingga pusat PSI yang mempercayai dirinya menjadi pucuk pimpinan. 

"Terima kasih dengan sangat, selain diterima sebagai anggota, saya pun didaulat menjadi nahkoda dalam bahtera bernama PSI. Lalu disebut kapal besar, ya.. tapi kita kan menuju ke sana," ucapnya.

Dirinya yakin PSI akan menjadi partai besar dan penting dalam Pilpres 2024.

"Saya percaya bahwa parpol penting dalam Pilpres namun belum tentu kandidat tersebut menang tanpa dukungan relawan yang bergerak dengan ikhlas tanpa pamrih," katanya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru