Langgar Aturan, Bawaslu Kepri Copot Ribuat Spanduk Caleg di Tanjung Pinang

Abdul Khoir

Alapalap.com - Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencopot ribuan alat peraga sosialisasi (APS) bakal caleg Pemilu 2024 yang melanggar aturan di Pulau Bintan, meliputi Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Kegiatan itu melibatkan tim gabungan penertiban APS, meliputi personel satuan polisi pamong (Satpol PP) bersama aparat kepolisian setempat.

"Seluruh kabupaten/kota se-Kepri mulai menertibkan APS sejak 30 Oktober 2023. Khusus di Pulau Bintan, langsung didampingi Bawaslu Kepri," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi pada Bawaslu Kepri, Rosnawati di Tanjungpinang sebagaimana dikutip Alapalap.com dari antara, Rabu (1/11/2023)

Rosnawati menyebut tim gabungan menyisir seluruh titik pemasangan APS yang tersebar di Pulau Bintan. Adapun ketentuan pemasangan APS sudah diatur di dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024.

Ia menyatakan APS yang dicopot dikarenakan mengandung kata-kata ajakan memilih, lalu mencantumkan paku coblos di nomor urut bakal caleg bersangkutan, dan APS dipasang di tempat-tempat terlarang, misalnya di lingkungan pendidikan, rumah ibadah hingga fasilitas pemerintah.

Sebaliknya, APS bakal caleg yang sifatnya tidak mengandung ajakan memilih, tak ada paku coblos di nomor urut, dan dipasang di tempat yang semestinya tidak akan ditertibkan.

"Kita pastikan semua APS melanggar aturan sudah dicopot tim gabungan," ujar Rosnawati.

Rosnawati menambahkan sebelum dilakukan penertiban APS, pihaknya menyurati semua partai politik agar dapat menurunkan APS melanggar aturan sebelum tanggal 30 Oktober 2023.

Pada saat proses penertiban APS di wilayah Teluk Keriting, Tanjungpinang, sempat terjadi perdebatan antara tim gabungan dengan salah seorang warga yang rumahnya terpasang APS bakal caleg DPRD dengan mencantumkan paku coblos.

"Sempat ada kendala di lapangan, karena warga bersangkutan menanyakan aturan penertiban APS. Setelah kita jelaskan bahwa itu melanggar aturan, baru dia paham dan APS itu pun dicopot petugas," kata Rosnawati.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru