JAGA STABILITAS HARGA, RAHMA TINJAU KETERSEDIAAN DAN HARGA BAHAN PANGAN

Gethya Nabilla

Gerak cepat Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, M.M dalam upaya menjaga stabilitas dan ketersedian harga pangan menjelang bulan Ramadhan 1444 H di Kota Tanjungpinang.

Upaya tersebut dilakukan melalui monitoring stok dan harga bahan pangan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tanjungpinang ke tiga lokasi yaitu Pasar Bintan Centre (Bincen), gudang distributor minyak goreng, dan distributor telur.

Disela peninjauan, Rahma menegaskan bahwa ketersediaan bahan pangan di Kota Tanjungpinang hingga Ramadhan nanti tersedia dan relatif aman. 

"Setelah dicek, terpantau ketersediaan komoditas pangan cukup. Untuk itu kami juga mengimbau kepada distributor dan pengecer untuk tidak menaikkan harga," tegas Rahma.

Menurut Rahma, biasanya selama ini yang menjadi hambatan utama dan kerap dialami oleh distributor dan pengecer yaitu masalah cuaca dan transportasi (ekspedisi).

"Karena kita bukan daerah penghasil. Jadi jasa angkut dan cuaca, menjadi masalah tersendiri," ucap Rahma.

Saat melakukan monitoring di PT. Riau Global yang merupakan distributor minyak goreng dan mentega, terpantau ketersediaan dan harga tergolong aman dan stabil. 

"Untuk harga goreng merk Minyak Kita kemasan 1 liter ke pengecer di harga Rp 13.000 dan harga pasarannya Rp 14.000," ucap Rahma.

Rahma berharap agar masyarakat tidak panic buying yang dapat memicu peningkatan harga dikarenakan stok yang menipis.

Turut hadir pada monitoring tersebut Wakil Wali Kota Tanjungpinang Endang Abdullah, S.Kp, M.Si, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Zulhidayat,S.Hut, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), serta jajaran Forkopimda.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru