Jelang Libur Nataru, 9.000 Penumpang Padati Bandara Hang Nadim Batam

Gethya Nabilla

Jumlah penumpang pesawat yang terbang melalui Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri), mencapai 9.000 orang per hari. Kendati demikian pihak pengelola Bandara Hang Nadim memperkirakan, angka ini akan terus meningkat seiring dengan puncaknya arus mudik perayaan Natal dan Tahun Baru.

Ditambah saat ini moment liburan sekolah sudah berjalan, sehingga mengalami peningkatan penumpang.

Direktur Operasi BIB Nugroho Jati mengatakan, untuk puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru diperkirakan pada 23 Desember hingga 30 Desember 2022. Sementara arus balik diperkirakan 26 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023.

“Untuk saat ini perharinya sudah di angka 9.000 penumpang, namun menjelang tanggal 23 Desember jumlah penumpang akan terus meningkat,” kata Nugroho ditemui di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (20/12/2022).

Ia memperkirakan, untuk puncak arus mudik, jumlah penumpang bisa mencapai 13.000 hingga 16.000 penumpang per harinya.

“Bahkan bisa lebih, karena saat ini sudah mulai normal dan tidak seperti tahun kemarin yang diselimuti suasana Covid,” ungkap Nugroho yang juga Ketua Tim Posko Nataru Hang Nadim.

Meski sudah mulai normal, Nugroho mengaku untuk syarat perjalanan saat ini masih mengacu terhadap Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 50 dan 52, tentang persyaratan perjalanan calon penumpang wajib sudah menerima booster atau vaksin ketiga.

“Sampai saat ini belum ada aturan baru, jadi kami masih menerapkan aturan lama,” jelas Nugroho.

Ia berharap mudah-mudahan juga tidak ada aturan PPKM seperti tahun sebelumnya, karena jika hal itu dilakukan maka akan berdampak pada keberangkatan penumpang.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru