Ini Inspirasi Arsitektur Masjid Al Jabbar yang Didesain-Diresmikan Ridwan Kamil

Gethya Nabilla

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Masjid Raya Al Jabbar di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Ridwan Kamil juga menjadi arsitek yang mendesain bangunan masjid yang megah tersebut.

"Insipirasi masjid ini datang dari rumus matematika, di bawah ada 10 bentuk kurva, di atasnya lima, kemudian jadi empat, jadi dua dan atasnya satu," ucap Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jabar.

Selain itu, Kang Emil juga menjelaskan makna mendalam dari penamaan masjid tersebut yakni Masjid Al Jabbar.

"Kemudian, Al Jabbar ini adalah asmaulhusna, artinya Mahaperkasa, Mahajuara. Ketiga, nama Jabar adalah singkatan dari Jawa Barat," katanya..

Tidak hanya itu, tampaknya proses desain bangunan gedung ini dipikirkan dengan sangat matang oleh Kang Emil. Ia menjelaskan, Masjid Raya Al Jabbar ini menggunakan teknologi ramah lingkungan dengan 27 pintu yang masing - masing memiliki nama yang diambil dari daerah di Jabar.

Masjid tersebut dibangun di lahan seluas 25 hektare dan mampu menampung sekitar 50 ribuan jemaah. Serta dilengkapi dengan museum sejarah Islam, sejarah Rasulullah, 25 nabi, dan perkembangan Islam di Nusantara.

"Sehingga kami harapkan orang datang ke sini. Salat, doa pulangnya dapat ilmu. Dan, pulang bahagia," ucap Kang Emil.

Soal keberadaan kubah pada bangunan masjid tersebut, Kang Emil menjawab, alasannya tak menggunakan kubah dalam pembangunan masjid karena memang tidak ada dalil yang mewajibkan adanya kubah pada masjid. Kubah, katanya, adalah bentuk bangunan yang mampu dibuat agar suara dari dalam masjid dapat bergema.

Terkait aksis kendaraan ke masjid tersebut, ia rencananya akan membangun akses jalan untuk roda empat agar bisa langsung datang dari pintu Tol 149 KM.

Pembangunan masjid ini sendiri mulanya saat RK yang kala itu masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung bertemu dengan Ahmad Heryawan yang masih menjabat sebagai Gubernur Jabar pada tahun 2015. Perbincangan itu mengarah pada pembangunan Masjid Raya Al Jabbar yang diharapkan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Jabar.

Dalam peresmian masjid tersebut, hadir dan memberikan sambutanMenteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Dalam sambutannya, Mendag mengaku kagumdengan kemegahan Masjid Raya Al Jabbar. Ia menyebut pembangunan masjid raya ini adalah peradaban baru di Jabar.

"Selamat warga Jabar atas diresmikannya masjid ini. Desain luar biasa, taman luar biasa. Masjid yang indah di Indonesia," ucap Zulhas.

Editor: Ali M. Abidi

artikel terbaru