TNI AU Teliti Temuan Benda Mirip Puing Pesawat di Natuna

Gethya Nabilla

Benda mirip puing pesawat yang ditemukan warga di Pantai Air Danau, Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), telah dievakuasi. Benda itu dibawa pihak TNI AU untuk diteliti.

"Tadi usai berkoordinasi Lanud Raden Sadjad (RSA) Ranai telah mengamankan sejumlah materiel yang diduga puing pesawat terbang," kata Komandan Lanud RSA, Kolonel Pnb Jajang Setiawan, Sabtu (24/12).

Penemuan benda mirip puing pesawat itu pertama kali dilaporkan warga sekitar. Benda mirip puing pesawat itu ditemukan pagi tadi. Benda tersebut diangkut ke markas Lanud untuk diperiksa.

"Dari laporan tersebut, pihak Lanud RSA bersama unsur keamanan wilayah setempat Polres Natuna melakukan pengecekan di lokasi sekaligus mengamankan materiel," ujarnya.

"Saat ini puing-puing diduga serpihan pesawat sudah diamankan di hanggar Lanud RSA untuk dilakukan inspeksi oleh Seksi Pemeliharaan Skadron Udara 52, Lanud RSA. Untuk memastikan keberadaan benda-benda tersebut, pihak Lanud RSA masih terus melakukan pemeriksaan lanjutan secara intensif," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandhy mengatakan benda mirip puing pesawat itu diperkirakan terbawa arus atau ombak laut hingga pantai. Benda tersebut ditemukan pada pukul 07.00 WIB.

"Benda diduga puing pesawat itu diperkirakan terbawa arus. Saat ini tengah musim utara di Natuna dengan cuaca yang cukup ekstrem, seperti gelombang angin dan curah hujan yang cukup tinggi," ujarnya.

"Kita juga belum bisa memastikan benda apa itu. Biar nanti teman-teman dari Lanud yang memastikan. Karena mereka yang lebih paham," ujarnya.

Editor: Fikriani

artikel terbaru